7 Fakta Penyaluran Donasi Tahap Pertama Tugu Media Peduli Gempa Malang

  • Whatsapp
Posko 2 di MTS Nurul Hidayah, Desa Tlogosari, Kecamatan Tirtoyudho, Kabupaten Malang. Foto: Rubianto

MALANG – Tugu Media Group yang membawahi media online terbaik di Malang Raya dan Jawa Timur, tugumalang.id dan tugujatim.id, akhirnya sukses menyalurkan donasi tahap pertama berupa sembako kepada para korban gempa magnitude 6,1 di Malang Selatan melalui program Tugu Media Peduli.

Bantuan tersebut langsung disalurkan di 3 Posko Tugu Media Peduli yang berada di Kecamatan Dampit, Kecamatan Tirtoyudo, dan Kecamatan Ampelgading.

Berikut 7 fakta penyaluran donasi Tugu Media Peduli yang dilaksanakan pada Jumat (16/04/2021).

1. Jumlah Sembako yang Fantastis

Tugu Media Peduli telah menyalurkan bantuan berupa 60 terpal, 3 ton beras, 300 kilogram gula, 300 kotak garam, 100 kardus mie instan, 25 karton minyak sayur atau 300 liter, 1.000 air mineral dan 1 ton telur.

Bantuan-bantuan ini dibagikan dalam bentuk satu paket sembako. Sehingga para pengungsi bisa memanfaatkan sembako tersebut untuk kebutuhan sehari-hari selama di pengungsian.

CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq, mengatakan jika bantuan ini adalah bentuk simpati masyarakat terhadap para korban gempa Malang melalui Tugu Media Group.

“Bantuan-bantuan ini adalah bentuk kepedulian terhadap warga korban gempa Malang,” terangnya di sela-sela memberikan bantuan pada Jumat (16/04/2021).

2. Pengusaha Asal Semarang Langsung Kirimkan 1 Ton Telur

1 Ton Telur yang siap didistribusikan. dok

Bantuan-bantuan yang dihimpun oleh Tugu Media Group sendiri adalah murni dari para pembaca setia tugumalang.id dan tugujatim.id, salah satunya ada sumbangan dari pengusaha asal Semarang yaitu Anna Santosa dan suaminya, Chendra Santosa.

Tak tanggung-tanggung, Anna mengirimkan bantuan berupa telur 1 ton yang diambil dari peternakan miliknya sendiri dan 100 kardus air mineral. Bantuan tersebut langsung dikirim dari Semarang menuju kantor Tugu Media Group menggunakan truk.

Dan pada Jumat dini hari (16/04/2021) bantuan-bantuan tersebut berhasil sampai dengan selamat di Kantor Tugu Media Group di Perumahan Dirgantara A1 Nomor 12B, Kota Malang.

Baca Juga  25 Ribu Warga Malang Sudah Divaksin COVID-19

“Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih kepada Bu Anna dan Pak Chendra atas kepercayaannya kepada Tugu Media Group untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa Malang Raya dan sekitarnya ini. Semoga berkah bagi beliau dan keluarga, berkah bagi kami selaku penyalur, dan berkah pula bagi para penerimanya,” terang CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq.

3. Bantuan Langsung dipacking Relawan Peduli Gempa Malang

Para relawan Tugu Media Group untuk gempa Malang mengemasi paket bantuan. Foto: Rubianto

Melihat begitu mendesaknya kebutuhan masyarakat atas sembako korban gempa magnitude 6,1 di Malang Selatan, Tugu Media Group tidak ingin berlama-lama menyalurkan sembako tersebut.

4. Bantuan Dikirimkan Hari itu juga
Begitu bantuan sampai di Kantor Tugu Media Group di Perumahan Dirgantara A1 Nomor 12B, Kota Malang pada Jumat (16/04/2021), para relawan langsung melakukan packing agar sembako-sembako tersebut langsung bisa disalurkan kepada para korban bencana gempa Malang hari itu juga.

Akhirnya packing selesai dilakukan pada pukul 14.00 WIB dan bantuan langsung dikirim menggunakan truk menuju 3 wilayah dengan dampak gempa paling signifikan yaitu Kecamatan Dampit, Kecamatan Tirtoyudo, dan Kecamatan Ampelgading.

5. Warga Sangat Berterima Kasih Karena Bantuan Selama ini Belum Merata

CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq (kanan), menyalurkan bantuan untuk korban gempa Malang. Foto: Rubianto

Selama menyalurkan bantuan sembako langsung ke lokasi terdampak gempa Malang, tim relawan Tugu Media Peduli menemukan fakta di lapangan bahwa bantuan yang disalurkan masih belum merata. Beberapa warga mengaku belum mendapat perhatian kendati dirinya juga adalah korban bencana gempa.

Salah satunya warga Dusun Warak, Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Nur Halima, mengatakan jika ia sangat bersyukur adanya bantuan dari Tugu Media Group.

“Di sini sangat membutuhkan bantuan, harta materi kami banyak yang hancur rata dengan tanah,” ungkapnya.

Ia sendiri mengatakan jika bantuan sangat tidak merata, ia mengaku belum mendapatkan bantuan sama sekali.

Baca Juga  Mantan Ketua DPRD Kota Malang Arif Darmawan Tutup Usia

“Kalau untuk bantuan ini terus terang tidak merata, jadi ada sebagian yang menerima tapi sebagian tidak. Contohnya saya sendiri sebagai korban tidak menerima apa-apa,” ungkapnya.

“Mungkin karena bantuannya masih liar tidak terstruktur, mungkin juga yang mendata kurang jeli akhirnya bantuan tidak sampai ke korban,” imbuhnya.

6. Penyaluran Bantuan Dilakukan Hingga Pukul 23.00 WIB

Penyaluran bantuan kepada Muhammad Sa’id yang rumahnya roboh dan orang tuanya meninggal dunia, di Desa Tamanasri, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, pada Jumat malam (16/4/2021). Foto: Rubianto

Totalitas para relawan Tugu Media Peduli tidak perlu ditanyakan lagi, kendati jarak tempuh setiap wilayah sangatlah berjauhan, komitmen agar setiap warga terdampak gempa bisa merasakan bantuan sangatlah tinggi.

Buktinya, penyaluran bantuan di titik terakhir Posko Tugu Media Peduli yaitu di Kecamatan Tirtoyudo tetap dilaksanakan meskipun waktu menunjukkan pukul 23.00 WIB.

Penyaluran bantuan di Kecamatan Tirtoyudo ini dilakukan setelah sebelumnya Tugu Media Peduli sudah menyambangi Kecamatan Dampit dan Kecamatan Ampelgading.

“Totalitas yang kami lakukan ini semata-mata untuk meringankan beban para korban bencana, agar mereka bisa melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dengan tenang,” jelas CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq.

7. Rincian Bantuan Sembako di Tiap-tiap Titik Posko Tugu Media Peduli

Paket sembako siap dikirimkan ke warga terdampak gempa Malang. Foto: Rizal Adhi.

Bantuan yang disampaikan ke Kecamatan Dampit berupa 50 Paket sembako (10 buah mie, garam 1 bungkus, gula 1 kg, air mineral 7 botol), Beras 500 kg, Telur 130 kg dan Terpal 5 buah. Sementara untuk posko dapur umum ada Telur 30 kg, Beras 50 kg dan Mie 2 kardus.

Bantuan untuk Kecamatan Tirtoyudo berupa sembako. Rincian 100 paket sembako (10 buah mie, garam 1 bungkus, gula 1 kg, air mineral 7 botol), telur 400kg, beras 1,2ton, mie 30 kardus, gula 45bungkus (1kg per bungkus), air 20 kardus, terpal 20, minyak 5 kardus (1 kardus 12 bungkus dan tiap bungkus berisi 1 liter).

Baca Juga  Rektor UIN Malang Bantu Warga Tungguwulung Jadi Mualaf

Tugu Media Group juga menyalurkan bantuan untuk Kecamatan Ampelgading berupa 52 buah paket sembako (10 buah mie, garam 1 bungkus, gula 1 kg, air mineral 7 botol), telur 400kg, beras 1,35 ton, mie 18 kardus, garam 1 sak (isi 50 bungkus dan per bungkus isi 1Kg), gula 1 sak (50 bungkus dan isi satu bungkus 1Kg), air 12 kardus, terpal 35 buah, minyak 4 kardus (1 kardus 12 bungkus dan tiap bungkus berisi 1 liter).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *