Sinergi dengan Stakeholder, FEB Unisma Dukung Kampus Merdeka

  • Whatsapp
Dekan FEB Unisma. Foto: dok
MALANG – Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), Prof Dr Maskuri MSi, mengapresiasi perkembangan dan capaian prestasi yang didapatkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unisma di masa pandemi ini.
Hal itu dia sampaikan dalam acara Progress Report, di Ruang Multimedia Gedung FEB Unisma lantai 3, pada Sabtu (6/3/2021).
Menanggapi paparan Dekan FEB Unisma, Maskuri mendorong agar program studi S1 Akuntansi dan S1 Manajemen segera melakukan upaya percepatan dalam akreditasi internasional.  
“Kami sangat mengapresiasi capaian dan berbagai inovasi yang dilakukan Fakultas Ekonomi dan Bisnis di era disrupsi dan masa pandemi ini untuk melakukan terobosan-terobosan dalam Tridarma Perguruan Tinggi,” pujinya.
“Apalagi implementasi kurikulum Merdeka Belajar banyak mitra yang digandeng guna meningkatkan kompetensi lulusan agar mampu beradaptasi dengan tuntutan industri,” imbuhnya.
Saat ini, lanjut dia, Unisma telah menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri. Baik dalam bidang pendidikan maupun riset.
“Kami harapkan mitra kerjasama Unisma ini juga digandeng FEB  dalam implementasi program kerjanya di tiap program studi,” inginnya.
Apresiasi juga disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Internasional Unisma, Prof Drs Junaidi Mistar PhD, yang mengatakan bahwa implementasi terbentuknya rintisan international class di FEB Unisma sangat mendukung upaya internasionalisasi Unisma.
Sehingga ke depan, Junaidi berharap FEB benar-benar membuka  International Undergraduated Program (IUP) secara mandiri, di luar kelas reguler yang ada, mengingat keberadaan sumber daya manusia, dukungan sarana prasarana, serta kolaborasi dengan mitra baik di dalam dan luar negeri sangat mendukung.
Dalam kesempatan tersebut, Junaidi juga memberikan informasi mengenai implementasi kebijakan kurikulum Kampus Merdeka versi Unisma dan 8 program Merdeka Belajar sebagaimana dicanangkan Kemendikbud RI, yang mana semuanya dapat diikuti oleh mahasiswa FEB Unisma.
Sebelumnya, Dekan FEB Unisma, Nur Diana SE MSi, menyampaikan perkembangan FEB Unisma dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Juga program-program inovatif di masa pandemi.
Diantaranya, dari bidang kelembagaan, akreditasi S1 Manajemen yang mendapatkan nilai A; peningkatan program Student Exchange dengan PT luar negeri melalui program transfer kredit ke Moscow University Rusia sebanyak 5 mahasiswa, dimana di sisi lain mahasiswa Taskent State University Oriental Study melakukan transfer kredit ke FEB Unisma; lolosnya 5 mahasiswa FEB Unisma transfer kredit ke Tarlac University Philipines; serta 38 mahasiswa lolos program yang sama di UTHM Malaysia.
Sedangkan dari sisi dosen, juga telah terselenggara program Lecturer Exchange antara FEB Unisma dengan TSUOS Usbekiztan. “Program ini akan kita lanjutkan dengan perguruan tinggi luar negeri yang lain,” ujar Diana.
Dalam program magang mahasiswa, juga terjadi peningkatan kuantitas mahasiswa yang magang di BUMN, instansi pemerintah, maupun swasta.
Dari bidang penelitian, artikel yang termuat dalam jurnal internasional maupun jurnal nasional terindeks Sinta semakin meningkat, di samping juga terjalin joint research antar dosen.
Diana juga menyampaikan, tim dosen FEB juga memenangkan Best Paper bidang Digital Marketing dan Best Oral Presentation bidang Management dalam ajang International Confenrence Economics & Business.
Untuk bidang inovasi, terjadi peningkatan jumlah perolehan HAKI atas karya ilmiah dan buku ajar yang dihasilkan dosen.
Dari sisi penguatan kelembagaan, Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen dan Akuntansi (JEMA) FEB Unisma naik status akreditasinya dari Sinta 3 ke Sinta 2.
Dari bidang riset, FEB Unisma sukses menggelar 3rd ICEBUSS yang menggandeng perguruan tinggi dari 11 negara.
Selanjutnya, Diana juga menjelaskan tercapainya target-target program kerja dan kolaborasi dengan University Malaysia Kelantan, TSUOS Usbekistan, RMUK Thailand, UNISSA Bruney Darussalam, UMK Malaysia, dan lain sebagainya.
Perlu diketahui, di masa pandemi ini, mahasiswa FEB Unisma menuai berbagai prestasi melalui program kredit transfer luar negeri yang didanai Kemendikbud RI, meraih juara nasional Galeri Investasi BEI, juara nasional Lomba Videography Content Creator yang mendukung pemulihan pariwisata dan lain sebagainya.
Dalam akhir paparan, Diana mengucapkan terima kasih atas sinegisitas yang baik FEB Unisma dengan stakeholder, yayasan, rektorat, mahasiswa, dosen, dan alumni yang mendukung pencapaian ini.(ads)
Editor: Lizya Kristanti
Baca Juga  HUT SMPN 13, Anggota DPRD Suguhkan Pantun

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *