Nurcholis MA Basyari: Selayaknya Pondok, Ruang Bincang Inspirasi Jadi Wadah Motivasi

  • Whatsapp
Pemaparan Nurcholis MA Basyari (kiri bawah) dalam Ruang Bincang Inspirasi, pada Sabtu (5/6/2021). Foto: tangkapan layar

Tugumalang.id – Kolaborasi pakar komunikasi, motivator, dan penulis buku, Dr Aqua Dwipayana, dengan putra bungsunya yang seorang aktivis sosial sekaligus mahasiswa Universitas Padjajaran, Savero Karamiveta Dwipayana, dalam sharing virtual Ruang Bincang Inspirasi bertajuk Memetik Inspirasi dari Sang Pakar Komunikasi, kian terbuka dan cair tatkala kedatangan tamu spesial di sela-sela kegiatan. Diantaranya, Pimpinan Redaksi Tugujatim.id, Nurcholis MA Basyari, pada Sabtu (5/6/2021).

Menurut Ketua Gerakan Jurnalis Peduli Pendidikan (GJPP) itu, Ruang Bincang Inspirasi atau yang disingkat menjadi RBI ini, merupakan gerakan sosial yang patut diapresiasi. Selayaknya motto sebuah brand, RBI hadir mengatasi masalah tanpa masalah.

Kuncinya, lanjut Nurcholis, menebar kebajikan. “Salah satu yang saya tangkap dari RBI ini tak jauh beda dengan pondok pesantren yang menebarkan kebajikan untuk diri sendiri, keluarga, saudara, lingkungan, dan bangsa kita,” ujarnya.

Apalagi, program yang diisi duet antara bapak dan anak itu menjadi kegiatan sharing komunikasi dan motivasi untuk kesekian kalinya yang selalu menuai atensi besar dari khalayak.

Selain banyak pengalaman menarik serta pesan inspiratif yang disampaikan oleh Dr Aqua selaku penulis buku best seller Trilogi The Power of Silaturahmi, Ero yang masih muda ini juga dinilai memiliki segudang pengalaman melakukan kegiatan dan pengabdian sosial.

“Anaknya (Ero) saja sudah luar biasa, belum lagi bapaknya (Dr Aqua). Ini yang lebih luar biasa lagi menunggu kolaborasi duet mautnya ayah dan anak ini, istilahnya benar-benar like a father like a son,” jelas Nurcholis.

Salah satu yang bisa dipetik dari Ero, lanjutnya, ialah pengalaman nyata bagaimana bisa berada di fase ini, utamanya menjadi Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sekaligus Redaktur Pelaksana Tugujatim.id.

Baca Juga  170 Warga Panti Difabel Bhakti Luhur di Malang Positif COVID-19 Usai Tes Swab Massal

“Ero ini generasi yang punya cita-cita tinggi luar biasa dan kata-kata saya ini real dalam arti makna denotasi. Tapi karena tahu dan menyadari potensi dirinya berbeda, maka dia langsung switch ke potensi yang lain yang justru lebih bisa digali lagi,” tandasnya.

Selain Nurcholis, peserta kegiatan ini juga dikejutkan dengan kehadiran CEO PT Paragon Technology and Innovation, Salman Subakat; Direktur Utama PT Duta Anggada Realty, Ventje Chandraputra Suardana; dan Sekretaris Perusahaan Harian Pikiran Rakyat Bandung, Erwin Kustiman.

Diketahui, Ruang Bincang Inspirasi perdana telah dilaksanakan pada 13 Oktober 2019 lalu dengan jumlah peserta anggota Pondok Inspirasi sebanyak 50 orang.

Sejauh ini, Ruang Bincang Inspirasi sudah dilaksanakan sebanyak 13 kali dengan jumlah peserta mencapai 300 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Kini, Pondok Inspirasi kembali mengadakan Ruang Bincang Inpirasi khusus untuk mahasiswa Bidikmisi/KIP seluruh Indonesia dengan tema “Memetik Inspirasi dari Sang Pakar Komunikasi” yang akan mengupas tuntas perihal komunikasi bagi mahasiswa.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Yayasan Pondok Inspirasi Bogor yang dikemas dalam event bertajuk Ruang Bincang Inspirasi. Acara Ruang Bincang Inspirasi adalah sesi berbagi cerita dan pengalaman dalam meneladani nilai-nilai juang narasumber yang telah sukses dalam bidangnya. Kegiatan ini dirancang untuk membangun motivasi mahasiswa guna mengenali potensi diri dan mempersiapkan diri menjadi pemuda yang tangguh.

Reporter: Feni Yusnia

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *