Senin, Mei 5, 2025
Tugumalang.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Peristiwa
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Insight
  • Pariwisata
  • Politik
  • Olahraga
  • Hukum & Kriminal
  • Advertorial
  • Catatan
  • Home
  • Peristiwa
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Insight
  • Pariwisata
  • Politik
  • Olahraga
  • Hukum & Kriminal
  • Advertorial
  • Catatan
No Result
View All Result
Tugu Malang ID
No Result
View All Result
Home Catatan

Ini Cara Jitu Kenalkan Brand Baru Agar Cepat Dikenali Konsumen

Redaksi by Redaksi
Desember 12, 2024 12:06 pm
in Catatan
brand, dan pemasa

Faizal Alfa - PT Fortuna iMARKS Trans Kota Malang.

Share WhatsappShare FacebookShare Twitter

KITA cenderung lebih percaya membeli brand yang Kita sudah kenali atau familiar. Jika ada pilihan brand yang familiar versus brand yang baru, masing-masing ada perbedaan faktor pengaruhnya.

Kalau brand baru, tombol daya tariknya adalah tombol penasaran, ingin mencoba dan menjajaki. Sedangkan brand lama dan Kita familiar, maka daya tariknya rasa percaya. Apalagi jika Kita sudah punya pengalaman bagus di masa lalu dengan brand tersebut.

READ ALSO

Menjembatani Gap Generasi, Tantangan dan Peluang Dunia Kerja di Industri Kebugaran

OmUnity, Cinta dan Harmoni

Maka, brand Kita termasuk brand lama atau brand baru? Karena beda pendekatan dan strateginya. Umumnya situasi yang dihadapi, bahwa brand-nya adalah brand baru, yang belum dikenal, belum mendapat kepercayaan, belum terbukti dan belum teruji waktu.

Baca Juga: Brand Lokal Indonesia yang Mendunia, Pencapaian Global dalam Industri Kreatif

Karena sadar belum terkenal bahkan belum dikenal, maka perjuangan yang perlu ditempuh brand baru secara aktif dan sistematis memperkenalkan brand-nya, produknya, keunggulannya, pada calon konsumennya.

Pemahaman mudahnya, dalam konteks pembahasan ini, branding merujuk pada situasi dan kondisi calon konsumen yang: tidak tahu -> menjadi tahu, dengan ukuran bernama awareness. Apakah prospek calon konsumen yang disasar sudah aware alias nyadar, bahwa brand dan produk Kita ini ada?

Kalau si prospek calon konsumen belum tahu bahwa Kita ada, ya tentu saja, jangankan tertarik dan beneran beli, bagi mereka, Kita ini belum ada. Kalau sudah begitu, salah siapa? Ya tentu saja salah yang jualan, kok bisa calon konsumennya, sampai tidak tahu bahwa dia ada?

Proses branding yang dimaksud dalam pembahasan ini, secara online adalah proses yang perlu ditempuh dan diseriusi oleh brand, dengan menggunakan 5 jalur utama yang dapat dimanfaatkan :

1.⁠ ⁠Melalui konten di akun website atau media sosial Kita sendiri, dengan jangkauan organik.

2.⁠ ⁠Melalui konten dengan menggunakan iklan berbayar atau paid advertisement.

3.⁠ ⁠Melalui konten dengan melibatkan konsumen yang telah belanja di Kita, atau bahasa kerennya : user generated content.

4.⁠ ⁠Melalui konten yang dibuat oleh Key Opinion Leader (KOL) yang juga kerap disebut reviewer, selebgram, selebtiktok, atau influencer.

5.⁠ ⁠Melalui konten yang dibuat dan atau ditayangkan oleh media partner seperti portal berita, akun media lokal, akun media promosi, baik berupa liputan, atau advertorial berbayar.

Baca Juga: Kualitasnya Diakui Tim-tim Profesional, 4 Brand Apparel Olahraga Asal Malang Ada di Liga 1 sampai Kompetisi Bola Basket

Kesadaran mengangkat dan memperluas sebaran informasi tentang brand ini menjadi penting, meski goal dan indikatornya masih di tataran : awareness, yakni orang tidak tahu menjadi tahu.

Jadi biasanya yang masih mengerjakan proses di tahap ini, mendadak bisa kicep kalau sama owner langsung ditanya dan dipepet dengan pertanyaan: dari yang dilakukan kemarin, menghasilkan penjualan atau berdampak pada peningkatan omzet berapa?

Nah, Kita bahas itu di tulisan berikutnya.

Baca Juga Berita Tugumalang.id di Google News

Penulis: Faizal Alfa – PT Fortuna iMARKS Trans Kota Malang
(www.instagram.com/imarks.id)

Redaktur: jatmiko

Tags: BrandBrandingBranding produkkonsumen

Related Posts

Peluang kerja di Industri kebugaran
Catatan

Menjembatani Gap Generasi, Tantangan dan Peluang Dunia Kerja di Industri Kebugaran

Kamis, 1 Mei 2025
OmUnity, Cinta dan Harmoni
Catatan

OmUnity, Cinta dan Harmoni

Rabu, 23 Apr 2025
Ilustrasi kantor kepresidenan. Foto/Pinterest
Catatan

Psikologi Komunikator, Catatan untuk Kantor Kepresidenan

Sabtu, 19 Apr 2025
HUT 111 Kota Malang
Catatan

111 Tahun Kota Malang: Kota Pendidikan yang Masih Diuji oleh Banjir

Rabu, 2 Apr 2025
Selamat Lebaran karya Ismail Marzuki
Catatan

Menggali Makna Sosial di Balik Lagu ‘Hari Lebaran’ Karya Ismail Marzuki

Selasa, 1 Apr 2025
M. Zainuddin, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Foto/dok TM
Catatan

Malam Seribu Bulan

Jumat, 21 Mar 2025
Next Post
jalur lintas selatan

Kemen-PU Turun Tangan Identifikasi Penanganan Longsor Jalur Lintas Selatan di Donomulyo

BERITA POPULER

  • Wali Kota Malang resmikan festival pasar

    Festival Jajanan Pasar Resmi Dibuka, Wali Kota Malang Ajak Generasi Muda Ramaikan Pasar Tradisional

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kisah Prof. Fadil: Dari Khadam Kiai hingga Menjadi Guru Besar UIN Malang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Daftar 7 Stasiun Kereta Api di Kota Malang, Beserta Alamat Lengkapnya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tanggal Rilis Shikimori’s Not Just a Cutie Season 2: Kawaii dake ja Nai Shikimori-san Season 2

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Spanduk Penolakan KEK Singhasari Diturunkan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Portal berita Tugu Malang (tugumalang.id) merupakan perusahaan media siber di bawah naungan PT Tugu Media Komunikasindo

Ikuti Kami

Navigasi Site

  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Disclaimer
  • Kebijakan Data Pribadi
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Form Pengaduan
  • Pedoman Media Siber

© 2021 Tugu Media Group - All Right Reserved Tugu Malang ID.

Jaringan Media 

Tugumalang.id 

Tugujatim.id 

Tugusehat.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Peristiwa
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Insight
  • Pariwisata
  • Politik
  • Olahraga
  • Hukum & Kriminal
  • Advertorial
  • Catatan

© 2021 Tugu Media Group - All Right Reserved Tugu Malang ID.