Dr Aqua Dwipayana: Kesuksesan Bisa Dicapai dengan Kemampuan Komunikasi

  • Whatsapp
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana. Foto: dok

Tugumalang.id – Kemampuan komunikasi merupakan bagian penting yang perlu ditekuni untuk mencapai kesuksesan dalam hidup.

Dalam materi pertama Tugu Media Goes to Campus, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyebut kita merupakan makhluk spesial dan unik.

Bacaan Lainnya

“Kita semua adalah unik, kita spesial. Kalau kita bicara jurnalistik, semua orang punya kesempatan jadi jurnalis dan fotografer, kita perlu keterampilan berkomunikasi. Kalau ingin sukses, belajarlah komunikasi,” terangnya, dalam materi yang bertajuk ‘Mengukir Masa Depan dengan Keterampilan Komunikasi’, pada Senin (24/05/2021).

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana. Foto: dok

Selain itu, Dr Aqua juga menegaskan bahwa hampir semua orang sukses punya kemampuan komunikasi yang baik. Terlebih, juga perlu menjaga kebersihan hati juga. “Orang yang sukses, rata-rata punya kemampuan komunikasi yang bagus. Kita bisa belajar sendiri, yang penting, hatinya harus bersih,” sambungnya.

Dalam momen itu, apabila ingin sukses dalam berkomunikasi, Dr Aqua menegaskan perlu yang namanya ‘REACH’. Yakni ‘respect’, ‘empathy’, ‘audible’, ‘clarity’, ‘humble’, ‘action’, and ‘consistency’. Semua poin itu juga diperlukan dalam kesuksesan hidup.

“Sama siapapun harus ‘respect’ atau hormat. Semua orang yang saya temui adalah guru saya. Nilai-nilai itu ada di Paragon Technology and Innovation, apapun itu perlu ada aksi nyata juga,” bebernya.

Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, lanjut Dr Aqua, akan membuat pekerjaan lebih menyenangkan, mengurangi risiko pekerjaan yang salah dan mengeliminir konflik.

Tugu Media Group yang membawahi Tugujatim.id dan Tugumalang.id bekerja sama dengan PT Paragon Technology and Innovation yang merupakan pabrik kosmetik berlabel halal terbesar di Indonesia—meliputi Wardah, Emina, Make Over, Putri, dan Kahf, membuat program pelatihan jurnalistik dan fotografi bernama ‘Tugu Media Goes to Campus’.

Baca Juga  Emil Dardak: 9 Prinsip Jurnalisme Penting untuk Menjalankan Tugas Media Memantau Kekuasaan

Tugu Media Goes to Campus kali ini digelar di 4 perguruan tinggi negeri (PTN) di Kota Surabaya, seperti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, yang diikuti lebih dari 725 peserta.

Reporter: Rangga Aji

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *