Dari Usir Ketombe Hingga Serangga, Ini Manfaat Tea Tree Oil Selain Untuk Kulit

  • Whatsapp
ilustrasi tea tree oil Sumber foto: ecogarantie.eu

Tugumalang.id — Minyak melaleuca atau yang biasa disebut tea tree oil ini pasti tidak asing bagi kalian yang mengikuti tren skincare. Sebab akhir-akhir ini tea tree memang terkenal karena manfaatnya yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit terutama masalah kulit berjerawat. Namun, tidak hanya untuk kulit, esen dari pohon Melaleuca Alternifolia ini juga memiliki banyak manfaat lain yang ngga kalah efektifnya, loh. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menjaga Kesehatan Mulut
Tea tree oil adalah salah satu solusi untuk Anda yang ingin menggunakan obat kumur yang bebas dari bahan kimia. Bahkan suatu penelitian menemukan bahwa tea tree dinilai lebih efektif untuk mengatasi bau mulut daripada obat kumur. Cara membuat obat kumur dengan tea tree oil sangatlah mudah, cukup campurkan satu gelas air hangat dan satu tetes tea tree oil. Setelah itu, Anda bisa langsung menggunakannya untuk berkumur. Meski alami, namun obat kumur tea tree tetap tidak boleh ditelan seperti obat kumur pada umumnya. Karena minyak berwarna bening hingga keemasan ini mengandung racun yang sangat berbahaya apabila tertelan.

2. Mencegah Jamur pada Sayur dan Buah
Tidak hanya untuk manusia, tea tree oil juga bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman, loh. Karena sifatnya yang alami, tentu minyak ini tidak akan menimbulkan efek samping bagi tanaman. Kandungan terpinen dan cineole pada tea tree mampu membasmi jamur pada sayuran dan buah-buahan dalam masa pertumbuhan.

3. Membasmi Serangga
Menurut penelitian, banyak pembasmi serangga mengandung zat aktif seperti propoxur dan transfluthrin yang berisiko bagi kesehatan tubuh. Sebab bahan aktif tersebut dapat terhirup apabila disemprotkan dan masih bergantung di udara.

Baca Juga  Pangdivif 2/Vira Cakti Yudha Kostrad Apresiasi Konsistensi Dr Aqua Dwipayana Laksanakan Silaturahim

Nah, minyak tea tree ini bersifat alami sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Bahan ini mampu mengusir sekaligus membasmi nyamuk, kutu busuk, hingga lalat dengan ampuh. Caranya cukup dengan menyemprotkan campuran tea tree oil dan air ke seluruh ruangan. Hanya dengan menempelkan kaki pada tea tree oil, para serangga tersebut mati lemas seketika. Bahan alami ini mudah larut sehingga mampu menyerap dan masuk ke dalam tubuh serangga hingga kedalamnya.

4. Merawat Rambut
Tea tree oil mampu mengatasi berbagai masalah rambut seperti ketombe dan rambut rontok. Ketombe pada rambut muncul karena kulit kepala yang kering. Keadaan yang kering tersebut memicu pertumbuhan kulit mati sehingga ketombe muncul. Nah, minyak beraroma segar ini mampu melembabkan kulit kepala. Sehingga, kulit mati dimusnahkan dan ketombe tidak akan muncul lagi.

Selain itu, tumpukan bahan kimia pada rambut akibat penggunaan sampo yang berlebihan dapat diatasi oleh tea tree oil dengan mudah. Minyak ini mampu menghilangkan folikel rambut serta menutrisinya dengan ampuh. Cara menggunakannya pun cukup mudah, teteskan tea tree oil setelah sampo lalu gosok rambut sampai berbusa selama 3 menit. Lakukan cara ini saat keramas selama sebulan dan lihat perbedaannya.

Untuk penggunaan pada tubuh sebaiknya ketahui apa Anda alergi dengan tea tree atau tidak. Lakukan tes alergi dengan cara memberi sedikit tea tree oil pada belakang telinga lalu biarkan selama beberapa jam. Jika tidak ada perubahan, maka Anda tidak alergi pada bahan alami ini. Itu dia manfaat tea tree oil selain untuk kulit. Yuk, dicoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *