Tuesday, June 28, 2022
Tugumalang.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Asli Malang
  • Bisnis
  • Pendidikan
  • Wisata
  • Budaya
  • Entertainment
  • Olahraga
  • Tugu TV
  • Catatan
  • Home
  • Asli Malang
  • Bisnis
  • Pendidikan
  • Wisata
  • Budaya
  • Entertainment
  • Olahraga
  • Tugu TV
  • Catatan
No Result
View All Result
Tugu Malang ID
No Result
View All Result
Home Catatan

Cilukba, Marketingnya Ketemu VUCA

Redaksi by Redaksi
July 25, 2021 2:45 pm
in Catatan
Marketing, jualan

Faizal Alfa .dok

Share WhatsappShare FacebookShare Twitter

Faizal Alfa*

Kalau mendengar kata : cilukba

READ ALSO

Pemilu 2024 dan Pentingnya Meningkatkan Kinerja Pengawas Pemilu

Diplomasi Nasida Ria

Apa yang ada dalam pikiran?

Kalau masa kecilnya di negara barat, pastilah tidak kenal dengan istilah itu. Karena di sana, istilah sejenis, dikenal dengan sebutan : peek-a-boo.

Cilukba itu apa?

Cilukba adalah bentuk permainan yang terutama dimainkan bersama bayi. Dalam permainan ini, satu pemain menyembunyikan wajah mereka, bisa dengan menutupnya dengan tangan atau sembunyi dibalik benda tertentu. Kemudian secara tiba-tiba sang pemain muncul kembali ke pandangan yang lain, lalu mengatakan Cilukba!

Apa efek yang diharapkan? Efek kaget, dan kemudian tertawa.

Terserah sih, mau ketawa yang wkwkwkwk, hahaha, atau xixixixixix…

Tapi kalau ketemu cilukba dalam dunia pemasaran, apalagi di masa pandemi dan krisis, mana mampu tertawa? Adanya meringis sambil dalam hati menahan tangis, rasanya kayak diiris-iris. Sudah susun rencana, namun kondisi berubah cepat, sehingga apa yang dipersiapkan sebelumnya, semburat porak-poranda.

Istilah yang populer digunakan atas situasi ini adalah : VUCA.

Awalnya, istilah ini digunakan dalam dunia militer. Sebuah situasi dan kondisi dimana pasukan memasuki medan perang dengan minim informasi, ketidakpastian, dan berbagai resiko yang dapat dialami dari berbagai sisi. Chaos! Situasi yang tidak terkendali.

Apa sih VUCA itu? Dan kenapa relevan dibahas saat krisis dan pandemi seperti yang sedang Kita alami?

VUCA adalah singkatan dari 4 kondisi, yakni

Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity.

Kalau boleh dibilang, empat sekawan ini paket komplit, super combo yang bisa bikin pusing tujuh keliling sampai nangis berguling-guling.

Gejolak, Ketidakpastian, Kerumitan, Dan Bias.

Dikutip dari akun instagram @alfafaizal

Sebagai pimpinan, keempat hal ini tentu jadi pengecoh dan pengacau dari kejelian Kita dalam melakukan analisis keseluruhan kejadian.

Saya pernah diajari pimpinan Saya pada saat bekerja di periode 2010 – 2014. Ada 4 tingkat analisis yang dapat digunakan dalam sebuah peristiwa atau kejadian.

1. Analisis Situasi,
Bagaimana situasi yang sebenarnya, lengkap unsurnya, kalau dalam jurnalistik, ada kaidah 5W, 1H, What, Who, When, Where, Why, dan How? Agar paham penuh, utuh, menyeluruh.

Lanjut ke,

2. Analisis Persoalan,
Apa persoalan yang penting dan mendesak, yang menjadi faktor atau variabel dalam upaya pencapaian tujuan Kita. Cari dan temukan, jangan sekedar gejala, tapi lidik dan lacak hingga ketemu penyebab, root-cause, penyeban yang paling mungkin.

Kemudian teruskan ke,

3. Analisis Keputusan,
Apa keputusan-keputusan yang akan diambil, dari situasi dan persoalan yang sudah diidentifikasi? Termasuk kemudian eksekusinya secara team, tools, timeline, dan budget sebagai konsekuensi dari keputusan yang dibuat.

Jangan lupa, lengkapi ke,

4. Analisis Persoalan Potensial,
Apa resiko resiko yang mungkin muncul dan timbul dari pilihan keputusan yang Kita ambil. Bagaimana manajemen resikonya? Serunya, analisis persoalan potensial ini, kalau disadari, menjadi situasi baru, yang membentuk cycle atau siklus, kembali ke analisis yang pertama.

Dampaknya? Kita jadi orang yang selau punya opsi dan solusi, nggak pernah kepentok dan buntu di jalan mati.

Keren cara berpikirnya, tapi saat kena VUCA, ya sama aja, bakalan ruwet dan mumet dari semenjak analisis situasinya, perlu lebih jeli, teliti, hati-hati dalam membaca situasi, menentukan persoalan, mengambil keputusan, dan mengantisipasi persoalan potensial.

Daripada kemudian, terkedjoet, terkaget-kaget, kena Cilukba, yang rasa-rasanya menjurus ke situasi prank, dijahili dan diusili, yang makin kerasa sebel dan kesalnya.

Salam Pertumbuhan!

*Faizal Alfa (PT Fortuna iMARKS Trans)

Perusahaan Pemasaran Yang Membanggakan Kota Malang

Tags: CilukbamarketingStrategi Marketing Faizal Alfa

Related Posts

pemilu
Catatan

Pemilu 2024 dan Pentingnya Meningkatkan Kinerja Pengawas Pemilu

28 June 2022
Lawan Ujaran Kebencian
Catatan

Diplomasi Nasida Ria

28 June 2022
padang
Aqua Dwipayana

Pagi dari Padang, Sorenya Dr Aqua Dwipayana Langsung Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor

24 June 2022
Pencegahan Korupsi Melalui Azas-azas Umum Pemerintahan yang Baik (AAUPB)
Catatan

Pencegahan Korupsi Melalui Azas-azas Umum Pemerintahan yang Baik (AAUPB)

24 June 2022
motivator nasional
Aqua Dwipayana

Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Mendadak Diundang Berbicara di Bank Mandiri Padang

21 June 2022
blitar reunitour
Catatan

Blitar Reunitour IKA-PLS 1983 UM, Seru dan Gembira

19 June 2022
Next Post
Belajar Banyak Tentang Produktivitas dan Aktivitas Berorganisasi

Belajar Banyak Tentang Produktivitas dan Aktivitas Berorganisasi

BERITA POPULER

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya Terima 5.160 Mahasiswa SBMPTN 2022, Dua Prodi Ini Sepi Peminat

24 June 2022
Asiya Muzahim bocak cilik asal malang

Asiya Muzahim, Gadis Cilik Kota Malang Juara ke-2 di American Youth Music Award 2022

26 June 2022
kebakaran yang nyaris membakar dua ekor sapi

Kebakaran di Dampit, Uang Tunai Rp 240 Juta Ludes Dilalap Api

24 June 2022
hilang di Bromo ditemukan

Pemuda Pakis yang Hilang di Bromo Ditemukan dalam Keadaan Sehat

22 June 2022
pelajar

3 Pelajar Bawa Rongsokan Terperosok ke Jurang Susuh di Kota Batu

23 June 2022

PILIHAN EDITOR

penulis buku

Penulis Buku, Nurani Soyomukti Bakal Kupas Ideologi Pancasila Soekarno

28 June 2022
wartawan

Cerita Kedekatan Wartawan Koran Terompet Masjarakat, Oei Hiem Hwie dengan Bung Karno

27 June 2022
Tugu Media Group dan Unikama Gelar Haul Bung Karno

Tugu Media Group dan Unikama Gelar Haul Bung Karno

25 June 2022
grand mercure malang mirama

GM Grand Mercure Malang Mirama Silaturahmi ke Kantor Tugu Media Group

21 June 2022

BISNIS

susu sapi
Bisnis

Produksi Susu Sapi di Ngantang Merosot Drastis Akibat Wabah PMK

by Redaksi
23 June 2022
0

Tugumalang.id - Produksi susu sapi di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, merosot drastis akibat wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang...

Read more
malang creative center

Pembangunan Malang Creative Center Hampir Rampung

21 June 2022
Pegadaian KUR

Luncurkan KUR Syariah, Pagadaian Malang Siapkan 1 Triliun Bagi Pelaku UMKM

20 June 2022

Portal berita Tugu Malang (tugumalang.id) merupakan perusahaan media siber di bawah naungan PT Tugu Media Komunikasindo

Ikuti Kami

Navigasi Site

  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Disclaimer
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Form Pengaduan
  • Pedoman Media Siber

© 2021 Tugu Media Group - All Right Reserved Tugu Malang ID.

No Result
View All Result
  • Home
  • Asli Malang
  • Bisnis
  • Pendidikan
  • Wisata
  • Budaya
  • Entertainment
  • Olahraga
  • Tugu TV
  • Catatan

© 2021 Tugu Media Group - All Right Reserved Tugu Malang ID.