Tugumalang.id – Banyak pekerjaan yang tidak bisa lepas dari berbagai macam online tools maupun software untuk membantu mempermudah pekerjaan tersebut. Salah satunya adalah digital marketing atau pemasaran digital yang kini semakin populer di tengah perkembangan trend teknologi yang semakin pesat.
Digital marketing ini berkaitan dengan kegiatan pemasaran atau promosi sebuah produk atau merek dengan menggunakan media digital untuk menarik perhatian konsumen.
Di era yang serba canggih ini, digital marketing sudah tidak asing lagi digunakan untuk stategi bisnis. Hampir seluruh kegiatan baik dalam skala perusahaan atau UMKM sudah pindah ke beberapa platform digital untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan.
Baca Juga: Optimalkan Marketing Digital Sejak 2010, Ayung Sportindo Banjir Pesanan dari Luar Negeri
Maka dari itu, banyak hadir tools yang ditawarkan dengan fungsinya masing-masing. Mulai dari tools mengolah data, meriset ide konten, research video konten, meriset influencer, hingga mengelola proyek.
Software tools tersebut ada yang gratis dan berbayar sesuai dengan manfaat yang dihasilkan. Biaya yang ditawarkan juga beragam mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah sesuai dengan kebutuhan yang ada. Berikut beberapa rekomendasi tools digital marketing versi berbayar dan gratis.
1. Mengolah Data
Pekerjaan ini diperlukan hampir di berbagai bidang mulai dari data analis, bidang marketing, perbankan, food and beverage, hingga finansial yang menggunakan alat ini untuk membantu mengelola data penting sesuai dengan kebutuhannya.
Selain itu juga bermanfaat untuk menyimpan data penting, memilah informasi, dan melihat perkembangan data bisnis yang dimiliki sehingga lebih memudahkan. Tools yang dapat digunakan secara gratis yaitu Apache OpenOffice dan Google Sheets.
Baca Juga: Mengenal Digital Eye Strain dan Cara Meringankannya
Sedangkan untuk versi berbayarnya adalah Microsoft Excel yang menawarkan paket berlangganan per bulan atau per tahun. Tools berbayar ini menjadi salah satu software untuk mengolah data terkemuka karena dapat memproses data dalam jumlah besar dan memiliki tools yang canggih untuk visualisasi data dan analisis statistik.
2. Meriset Ide Konten
Tentunya dalam pembuatan konten diperlukan riset dalam membuat rencana untuk referensi konten, moodboard, atau media social. Maka dari itu, digital marketer membutuhkan tools untuk mengembangkan ide konten dan melakukan proses riset.
Tools yang dapat digunakan secara gratis yaitu Content Ideas. Sedangkan untuk versi berbayarnya adalah BuzzSumo yang berbasis cloud untuk mencari konten dengan engagement terbaik di google search dan media sosial.
Tools ini sering digunakan perusahaan untuk meriset konten dalam bentuk blog, infuencer, post, dan artikel di media social.
3. Research Vidio Konten
Ramainya konten video yang banyak digemari kalangan muda, kini hal tersebut menjadi salah satu strategi yang menarik untuk digital marketing. Kemudahan untuk mencari stock video banyak dikombinasikan dengan tema yang beragam.
Mulai dari lifestyle, bisnis, keindahan alam, dan lain-lain yang mudah diakses untuk dijadikan inspirasi untuk pembuatan konten bisnis kedepannya. Tools yang dapat digunakan secara gratis yaitu Coverr.
Sedangkan untuk versi berbayarnya adalah Envato yang menyediakan fitur template design kreatif mulai dari audio, stock video, template grafis, foto, berbagai tema website, hingga mencari freelancer. Biaya yang ditawarkan adalah dalam bentuk langganan per bulan atau per tahun sesuai dengan kebutuhan.
4. Meriset Influencer
Dalam digital marketing influencer tentunya menjadi salah satu pemain penting dalam dunia konten di media sosial. Hal tersebut membuat mereka dijadikan KOL (Key Opinion Leader) dari sebuah brand tertentu.
Maka dari itu, dengan adanya tools riset influencer dapat membatu perusahaan atau brand dengan mudah menyeleksi berbagai pilihan yang sesuai. Tools yang dapat digunakan secara gratis yaitu Socialtracker & Socialblade.
Sedangkan untuk versi berbayarnya adalah HypeAuditor platform berbasis AI yang dapat membaca dan menganalisa dan membaca statistik influencer di berbagai platform media sosial. Selain itu, tools ini juga dapat menganalisa dan mengelola kampanye marketing dari setiap influencer.
5. Mengelola Proyek
Banyaknya proyek yang dikerjakan tetapi tidak tersusun dengan rapi dapat mengakibatkan kesalahan khususnya pekerjaan yang berhadapan dengan klien banyak. Maka dari itu, diperlukan mengelola proyek dengan baik dan tersusun dengan rapi untuk memudahkan dan mencapai hasil yang maksimal.
Tools online yang dapat digunakan secara gratis yaitu Focalboard. Sedangkan untuk versi berbayarnya adalah Asana dengan biaya yang ditawarkan sesuai dengan tingkatannya yaitu basic, premium, business, dan enterprise.
Tools ini digunakan untuk mengelola proyek dengan lebih dari 200 integrasi agar pekerjaan menjadi lebih teroganisir mulai dari kolaborasi, menyediakan alur kerja personal, komunikasi tim, hingga koordinasi antar proyek.
Demikian beberapa rekomendasi tools digital marketing yang dapat digunakan perusahaan untuk kegiatan pemasaran atau promosi sebuah produk atau merek melalui berbagai platform media sosial.
Pentingnya digital marketing kini untuk mendukung kegiatan bisnis karena dapat meminimalisir, menjangkau calon konsumen, serta mampu menekan biaya pemasaran untuk perkembangan bisnis lebih cepat.
Penulis: Efryca Ayu Nabella (Magang)
Editor: Herlianto. A