5 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Membuat Cover Letter

  • Whatsapp
caption foto : ilustrasi seseorang sedang menulis surat sumber foto : pixabay

Tugumalang.id – Ketika kamu akan mendaftarkan diri pada suatu lowongan pekerjaan, tak jarang beberapa perusahaan mengharuskan para pelamar untuk menyertakan cover letter. Cover letter adalah surat pengantar lamaran kerja yang bisa menarik perhatian perekrut untuk memilih pelamar sebagai kandidat terbaik. Maka, cover letter bukan hanya sekedar pelengkap CV saja, namun sangat penting disertakan dalam dokumen lamaran pekerjaan. Untuk kamu yang merasa kebingungan bagaimana cara untuk menulis cover letter, dibawah ini 5 hal yang perlu diperhatikan untuk membuat cover letter.

1. Perkenalkan Diri
Hal pertama yang harus kamu tulis adalah mengenai diri kamu. Cukup tuliskan dalam satu hingga dua kalimat saja secara singkat, padat, dan jelas untuk menggambarkan latar belakang dan kegiatan kamu saat ini.

2. Sumber Lowongan Pekerjaan
Selanjutnya kamu bisa menceritakan sedikit tentang darimanakah kamu mendapatkan lowongan pekerjaan tersebut, hal ini juga berguna untuk mengkonfirmasi bahwa lowongan pekerjaan tersebut bukanlah lowongan pekerjaan palsu.

3. Ketertarikan Kamu
Jelaskan apa yang membuat kamu tertarik dengan posisi yang kamu lamar, disini kamu juga dapat menyertakan pengalaman yang kamu miliki diposisi tersebut agar peluang kamu untuk diterima akan lebih besar.

4. Jelaskan Skill yang Dimiliki
Setelah memberi tahu tentang ketertarikan kamu pada posisi yang dilamar, selanjutnya kamu bisa menjelaskan tentang skill yang kamu miliki. Kamu hanya perlu menjabarkan skill yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar saja.

5. Penutupan yang Baik
Akhiri cover letter dengan salam penutup dan harapan besar kamu agar dapat diterima diposisi tersebut, kamu juga dapat menambahkan kalimat yang menggambarkan bahwa kamu sangat menunggu informasi lebih lanjut dari perusahaan.

Nah itu dia 5 hal yang perlu diperhatikan untuk membuat cover letter pada saat kamu melamar pekerjaan, jangan lupa juga untuk mempersiapkan CV terlebih dahulu sebagai syarat utama. Semoga bermanfaat!

Baca Juga  Yuk Rehat! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Istirahat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *