Yuk Rehat! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Istirahat

  • Whatsapp
Waspadai 5 tanda ini bahwa Anda perlu istirahat. (pixabay)

Bekerja keras memang sikap yang dibutuhkan oleh setiap orang mendapatkan hasil maksimal dari setiap pekerjaannnya. Namun, ada kalanya bekerja terlalu keras juga tidak baik. Bekerja terlalu keras dapat mengakibatkan beberapa efek samping seperti kelelahan atau fatigue, baik kelelahan fisik maupun mental. Dengan adanya efek samping tersebut, tentu pekerjaan akan tertunda atau bahkan jadi terhambat. Jadi, yuk kenali sedini mungkin jika tubuh dan pikiran sudah lelah. Bagaimana cara mengenalinya? Berikut 5 tandanya!

1. Sulit berkonsentrasi
Sulit berkonsentrasi adalah salah satu gejala kelelahan yang cukup menyulitkan pekerjaan kita. Karena dengan sulit berkonsentrasi, kita akan sulit mengingat, tidak bisa mengerjakan tugas yang rumit, dan gampang melakukan hal ceroboh yang biasa tidak dilakukan.
Hal ini disebabkan karena saat Anda kelelahan, maka bagian tubuh lain juga ikut lelah, termasuk otak. Ketika otak merasa lelah, ia akan kesulitan untuk melakukan tugasnya yaitu berpikir. Sehingga, Anda akan kesulitan untuk berkonsentrasi saat tubuh lelah.

2. Otot kaku dan nyeri
Kedua gejala tersebut adalah gejala paling umum yang sering dirasakan saat tubuh terasa lelah. Jika mengalaminya sebaiknya cepat untuk beristirahat agar nyeri dan kaku tidak semakin menjadi-jadi. Sebab otot yang nyeri dapat menimbulkan cedera jika dibiarkan. Istirahat dalam sehari atau tidur malam lebih dari biasa cukup untuk melenturkan kembali otot tubuh supaya kembali normal.

3. Mudah emosi
Mudah emosi adalah salah satu gejala saat lelah juga, loh. Hal ini disebabkan karena kurangnya waktu tidur dan beristirahat. Saat Anda bekerja hingga larut malam dan tidak cukup tidur, Anda pun akan merasa cepat lelah sehingga kondisi emosianal tidak stabil. Sebab itu kita akan mudah terpancing emosi saat sedang lelah.

Baca Juga  Aqua Dwipayana Bagikan Hadiah Umrah untuk Jajaran Polres Sukabumi Kota

4. Merasa lelah
Salah satu tanda bahwa Anda memang harus benar-benar istirahat adalah merasa lelah yang berkelanjutan. Gejala ini ditandai dengan rasa lelah yang tidak hilang bahkan setelah bangun tidur. Jika Anda merasakan gejala ini, sebaiknya ambil beberapa hari libur sebelum semakin parah. Jika dibiarkan, tubuh akan makin melemah dan bisa terserang penyakit.

5. Tidak memiliki motivasi dan kehilangan minat pada hal yang disukai
Tanda lain yang menunjukkan Anda harus berisitirshat dari semua kegiatan adalah tidak memiliki minat dan semangat melakukan kegiatan sehari-hari. Anda bahkan tidak berminat melakukan hobi atau hal-hal yang biasa disukai. Pada saat kelelahan, Anda tidak memiliki rasa motivasi dalam mengerjakannya aktivitas harian dan hanya berpikir bagaimana menyelesaikannya.

Nah, itu dia tanda kelelahan pada tubuh secara fisik dan juga mental. Sebaiknya cepat istirahat saat mengalami gejala-gejala diatas. Jika dibiarkan, tubuh akan rentan terkena penyakit fisik dan juga penyakit mental seperti stres dan depresi. Semakin cepat Anda menyadarinya, semakin mudah menanganinya. Jadi, yuk mulai perhatikan diri saat lelah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *