Vaksin Astrazeneca Tiba di Kota Batu, Kamis Mulai Disuntikkan

  • Whatsapp
Salah satu lansia menjalani vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Batu. Foto: M Sholeh

KOTA BATU- Vaksin astrazeneca telah tiba di Kota Batu, Rabu (5/5/2021). Vaksin buatan Inggris tersebut direncanakan akan mulai disuntikkan kepada penerima vaksin pada Kamis (6/5/2021).

“Mulai besok Kamis, vaksin astrazeneca ini akan mulai di suntikkan,” ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Batu, dr. Susana Indahwati.

Disebutkan, vaksin tersebut tiba di Kota Batu dengan jumlah 657 vial. Dimana tiap vialnya dapat digunakan untuk 10 dosis, sehingga diperkirakan akan ada 6.570 orang menjadi sasaran vaksinasi.

Penyaluran vaksin tersebut akan dilakukan secara bertahap dan disasarkan kepada lansia, pesantren, guru dan pelaku usaha pariwisata. Dikatakan, penyuntikan vaksin astrazeneca pada vaksinasi hari pertama akan menyasar sebanyak 1.070 orang.

Dikatakan, pelaksanaan vaksinasi tersebut akan disebar dalam delapan titik. Diantaranya, Hotel Golden Tulip, RS Bhayangkara, Museum Tubuh, Hotel Batusuki, RS Baptis, RS Karsa Husada, RS Etty Asharto dan Sekolah Selamat Pagi.

Menurutnya, proses screening penyuntikan vaksin astrazeneca tidak memiliki perbedaan dengan vaksin sebelumnya. Namun terdapat perbedaan tenggang waktu penyuntikan dosis pertama dengan dosis kedua.

“Jika vaksin sinovac, tenggang waktu vaksinasi dosis pertama dan kedua hanya 14 hari. Sedangkan vaksin astrazeneca memerlukan tenggang waktu 12 minggu untuk vaksinasi dosis kedua,” ucapnya.

Baca Juga  Warga Malang Dengar Suara Dentuman, BPBD Kota Malang : Masih Belum Bisa Memperkirakan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *