Triwulan Pertama 2021, Belanja Daerah Pemkot Batu Masih Terserap 5,64 Persen

  • Whatsapp
Balai Kota Among Tani Kota Batu. Foto: M Sholeh
Tugumalang.id – Anggaran belanja daerah APBD 2021 Kota Batu mencapai angka sekitar Rp 1 triliun. Sementara serapan belanja operasional dan belanja modal selama triwulan pertama 2021 masih mencapai 5,64 persen atau sekitar Rp 61,3 milyar.
Belanja modal menjadi instrumen yang dapat memberikan stimulan terhadap perkembangan ekonomi daerah. Strategi tersebut telah tertuang dalam rumusan penyusunan anggaran keuangan daerah 2021.
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, menjelaskan bahwa rendahnya serapan belanja daerah tersebut disebabkan karena masih dalam penyesuaian terhadap perubahan aturan barang dan jasa yang baru.
“Rendahnya serapan awal tahun ini karena memang perlunya tiap OPD untuk sinkronkan aturan yang baru. Karena ada perubahan aturan tentang pengadaan barang dan jasa yang perlu disinkronkan,” ucapnya.
Menurut dia, Pemkot Batu masih fokus pada belanja operasional sehari-hari di awal 2021. Sementara belanja daerah untuk belanja barang dan jasa akan difokuskan pada triwulan kedua.
“Yang besar adalah belanja barang dan jasa. Nah triwulan awal ini biasanya persiapan untuk lelang. Kemudian baru di bulan April atau triwulan kedua dilakukan lelang dan pengerjaannya,” bebernya.
Reporter: M Sholeh
Editor: Lizya Kristanti
Baca Juga  Evaluasi PPKM Mikro 5, Pemkot Batu Antisipasi Lonjakan Kasus COVID-19

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *