Tugumalang.id – Siapa yang tidak ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang sesuai impian? Pastinya semua orang menginginkan hal tersebut. Untuk dapat mewujudkan impian itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum melamar pekerjaan.
Dilansir dari beberapa sumber, berikut merupakan beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum melamar pekerjaan.
Baca Juga: 5 Tips untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking
1. Riset perusahaan yang ingin dilamar
Sebelum melamar pekerjaan, pastikan Anda meriset terdahulu mengenai perusahaan yang ingin Anda lamar. Gali nformasi dari perusahaan tersebut melalui website resminya. Riset juga mengenai profil perusahaan, budaya kerja perusahaan, lingkungan kerja, serta posisi yang dibutuhkan perusahaan tersebut.
Hal ini akan membantu Anda dalam memberikan gambaran tentang perusahaan yang akan dilamar, dan pastinya akan menyesuaikan dengan tujuan Anda melamar perusahaan tersebut. Riset juga akan mempermudah Anda saat menghadapi seleksi wawancara karena sudah faham mengenai perusahaan tersebut.
Baca Juga: 6 Tips Meredakan Badan Nyeri dan Pegal Linu Setelah Olahraga
2. Gali lebih dalam mengenai posisi yang ingin dilamar
Ketika Anda sudah menemukan perusahaan yang cocok dan sesuai keinginan, maka cari tahu posisi apa saja yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Pastikan Anda melamar pada posisi yang sesuai dengan kemampuan dan pendidikan Anda.
Dan, pastikan Anda sudah mengerti mengenai gari besar jobdesk dari posisi tersebut. Oleh karena itu Anda harus menggali informasi yang lebih detail mengenai posisi tersebut.
Anda juga harus memperhatikan persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar posisi tersebut. Pastikan Anda memahami ketentuan tersebut seperti posisi tersebut terbuka bagi fresh graduate atau terbuka bagi yang memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun. Pastikan juga Anda menjadi salah satu dari ribuan pelamar yang memenuhi kriteria dari perusahaan tersebut.
3. Kembangkan skill yang mendukung pekerjaan tersebut
Untuk mendukung posisi yang dilamar, Anda dapat membekali diri dengan berbagai skill yang menunjang posisi tersebut. Di era industri dan teknologi yang semakin berkembang, membuat kita harus memiliki skill yang dapat mengimbangi perkembangan tersebut.
Anda dapat menambah skill seperti digital marketing, design grafis, editing video, copywriting, serta sosial media yang sangat dibutuhkan saat ini.
Dengan memiliki skill tersebut akan memberikan nilai tambah bagi Anda untuk melamar posisi tersebut. Selain beberapa skil tersebut juga harus diimbangi dengan soft skill lainnya yang dapat menunjang pekerjaan Anda.
Dilansir dari CNBC perusahaan tidak hanya melihat hard skill yang dimiliki oleh calon pelamar saja, melainkan juga soft skill juga penting.
4. Kembangkan keterampilan dan kemampuan
Dengan persaingan dunia kerja yang semakin ketat, maka kita harus memiliki kemampuan dan keunggulan yang dapat menunjang hal tersebut. Anda dapat mengikuti bootcamp di sela – sela lamaran pekerjaan untuk menambah keterampilan dan kemampuan Anda.
Mengikuti berbagai kelas atau webinar juga dapat meningkatkan keterampilan serta wawasan kita untuk menunjang pekerjaan yang ingin dilamar.
5. Perkuat personal branding
Dalam era digital yang semakin maju dan berkembang membuat berbagai informasi dapat diakses dengan mudah. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai media dalam mengembangkan personal branding diri kita. Anda dapat memulai mengembangkan personal branding dengan menunjukkan kemampuan yang dimiliki.
Untuk mengembangkan personal branding, Anda dapat memanfaatkan sosial media seperti Instagram dan LinkedIn. Anda dapat memulai dengan memperkenalkan kemampuan yang Anda miliki melalui sosial media tersebut.
Dan, yang terpenting Anda harus membangun personal branding yang baik, karena saat proses seleksi HRD pasti akan melihat sosial media Anda. Mulai sekarang kembangkan personal branding Anda dengan baik sesuai kemampuan dan kelebihan yang Anda miliki.
6. Buat CV kamu lebih berbobot
Agar lamaran kamu dilirik oleh HRD, maka mulai sekarang CV yang digunakan untuk melamar pekerjaan harus dibenahi agar berbobot. Untuk membuat CV yang berbotot dan dilirik oleh HRD, perlu memperhatikan isi dari CV tersebut.
Pastikan informasi yang dicantumkan dalam CV merupakan informasi terbaru minimal dua tahun lalu serta usahakan membuat CV yang singkat, padat serta tidak lebih dari dua halaman.
Dilansir dari kitalulus, untuk membuat CV berbobot, format CV yang harus rapi dan dan terstruktur agar HRD membaca CV Anda lebih dalam. Format CV harus memuat header CV dengan informasi kontak pelamar yang jelas dan terbaru, profil singkat pelamar, pengalaman kerja, pendidikan, serta pengalaman dan skill dari pelamar.
Pilihlah format font serta ukuran font yang sesuai dan yang mudah dibaca oleh tim HRD, dalam menulis CV juga harus konsisten dan pastikan CV yang dibuat tidak mengandung unsur grafik yang berlebihan.
Dalam penulisan CV pastikan semua informasi yang dicantumkan merupakan informasi yang benar dan terbaru, karena CV menjadi pedoman bagi HRD dalam proses penyeleksian dan CV merupakan refleksi dari diri pelamar.
Informasi yang dicantumkan dalam CV pastikan relevan dengan posisi yang dilamar. Untuk membuat CV yang berbobot, Anda dapat menggunakan format CV ATS Friendly yang banyak diminati oleh HRD karena CV format ini sangatlah simpel, padat, dan jelas.
7. Persiapkan dokumen untuk melamar pekerjaan
Anda harus mempersiapkan dokumen pendukung untuk melamar pekerjaan tersebut. Hal ini sangatlah penting dan jangan sampai ada dokumen yang terlewatkan. Anda dapat menyiapkan beberapa dokumen sesuai yang diminta untuk pekerjaan tersebut.
Beberapa dokumen yang harus disiapkan di antaranya fotokopi ijazah dan transkrip nilai, fotokopi KTP, pas foto terbaru, Curriculum Vitae (CV), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi sertifikat, surat keterangan pengalaman kerja.
8. Persiapkan interview dengan baik
Selain mempersiapkan beberapa dokumen dan hal pendukung untuk lamaran pekerjaan, Anda juga harus mempersiapkan interview dengan baik. Interview menjadi salah satu tahapan seleksi di setiap perusahaan. Dengan mempersiapkan interview membuat Anda lebih percaya diri saat menjawab pertanyaan di hari H.
Sekian pembahasan mengenai tips agar lamaran pekerjaan Anda dilirik oleh HRD.
Penulis: Rafida Tri Pitaloka (Magang)
Editor: Herlianto. A