Tinjau Dampak Gempa Malang, Khofifah Minta Sanusi Prioritaskan Keselamatan Warga

  • Whatsapp
Khofifah melakukan tinjauan di MAN 2 Turen Kabupaten Malang. Foto: M Sholeh
Tugumalang.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meninjau secara langsung warga terdampak gempa di Kabupaten Malang, pada Minggu (11/4/2021).
Dalam tinjauannya, dia meminta Bupati Malang, HM Sanusi, untuk memprioritaskan keselamatan warga. “Penyelamatan warga harus diprioritaskan. Sambil kemudian timnya Bupati melakukan inventarisasi, identifikasi, dan pendataan kategori yang mengalami kerusakan ringan, sedang, atau sedang ke arah berat, dan arah berat,” tegasnya.
Menurutnya, ada 3 lokasi yang mengalami dampak berat di wilayah Kabupaten Malang. Diantaranya Turen, Dampit, dan Ampelgading.
Dia juga meminta Bupati Malang untuk segera membangun titik-titik posko pengungsian sementara. Hal itu dilakukan demi memudahkan warga terdampak untuk mendapatkan kepastian kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai pusat komunikasi dari seluruh lini.
Dia juga menyarankan, untuk membangun posko khusus warga terdampak gempa bumi. Posko yang dimaksud yaitu posko yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang psikologi warga.
“Karena sangat berbeda, tempat pengungsian yang terdampak gempa dengan banjir. Pasti ada trauma psikologis kalau gempa, dimana nantinya juga bisa mengantisipasi gempa susulan,” tuturnya.
Dikatakan, jaminan pendidikan dan kesehatan juga harus diprioritaskan bagi warga terdampak. Namun hal ini diperlukan waktu untuk proses identifikasi kerusakan konstruksi.
“Kita punya BTT Pemprov, Kabupaten juga punya BTT. Nanti akan kita sinkronkan, apa yang akan disupport Pemprov, apa yang disiapkan oleh kabupaten. Ada juga Kasatgas bencana dari BUMN. Jadi kita berbagai tugas,” imbuhnya.
Reporter: M Sholeh
Editor: Lizya Kristanti
Baca Juga  Usai Vaksinasi Influencer Kota Malang Ini Mengaku Senang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *