Targetkan PAD Retribusi Parkir Rp 1 Miliar, Dishub Kota Batu Tambah Pengawas Parkir

  • Whatsapp
Salah satu potensi PAD retribusi parkir di Alun-alun Kota Batu. Foto: M Sholeh

Tugumalang.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor retribusi parkir sebesar Rp 1 miliar di tahun 2021. Untuk meningkatkan PAD itu, Dishub Kota Batu berencana menambahkan tenaga pengawas parkir di Kota Batu.

Kepala Dishub Kota Batu, Imam Suryono, menjelaskan bahwa rencana penambahan pengawas parkir di Kota Batu merupakan upaya mengantisipasi adanya kebocoran PAD retribusi parkir.

Selain itu, juga demi meningkatkan PAD retribusi parkir Kota Batu 2021. Dikatakan, PAD retribusi parkir pada 2020 hanya mencapai sekitar Rp 300 juta. “Kami menargetkan tahun ini (2021), retribusi parkir lebih dari Rp 1 miliar. Tahun kemarin hanya Rp 300 juta,” ujarnya, pada Sabtu (5/6/2021).

Untuk itu, dia mengupayakan adanya penambahan pengawas parkir di Kota Batu. Dari sekitar 280 juru parkir yang tersebar di 100 titik lahan parkir di Kota Batu, hanya ada 4 petugas yang mengawasi. “Paling tidak minimal ada 10 pengawas lagi. Hasil koordinasi dengan BKSDM kemarin sudah disetujui, jadi dalam waktu dekat akan ada penambahan,” paparnya.

Untuk melakukan suatu perubahan, menurutnya harus dilakukan secara bertahap. Dikatakan, pihaknya juga tengah memaksimalkan penerapan Perda dan Perwali tentang retribusi parkir yang baru.

“Kita sudah mensosialisakan peraturan yang baru. Jika ada jukir yang tidak memberikan karcis kepada pelanggan nanti akan kami evaluasi,” tuturnya.

Dia juga mengimbau agar masyarakat juga berperan aktif dalam penerapan dan penegakan peraturan yang ada, yaitu dengan meminta karcis parkir disetiap titik parkir di Kota Batu. “Kalau tidak diberi karcis ya gak usah bayar parkir. Sekarang jukir wajib memberikan karcis kepada pelanggan. Agar tidak ada kecurangan,” tegasnya.

Reporter: M Sholeh

Editor: Lizya Kristanti

Baca Juga  Pemkot Batu Peringati Hari Kebangkitan Nasional 2021 Secara Virtual

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *