Sinergi 3 Kepala Daerah Malang Raya untuk Pembangunan

  • Whatsapp
Sinergi 3 kepala daerah di Malang Raya. Foto: Humas Pemkot Malang

Tugumalang.id – Pemerintah Kota Malang menegaskan komitmennya untuk bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten Malang dan Pemerintah Kota Batu guna menguatkan pembangunan daerah Malang Raya.

 

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Malang, Sutiaji, dalam Penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Kerjasama Pembangunan Daerah di Wilayah Malang Raya, di Kantor Bakorwil III Malang, pada Kamis (27/5/2021).

 

“Inisiasi pertemuan 3 kepala daerah ini karena dulukan tahunya kita hanya ada Malang saja. Tapi kini ada Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Artinya, meski karakter dan teritorial berbeda, tapi tetap berkesinambungan. Apalagi Sinergi Membangun Kebersamaan kita ini telah diapresiasi Presiden, sebab kalau mampu, maka pembangunan daerah mudah diselesaikan,” katanya.

Sinergi 3 kepala daerah di Malang Raya. Foto: Humas Pemkot Malang

Hadir dalam acara penandatanganan kerja sama daerah ini Kepala Bakorwil III Malang, Drs Sjaichul Ghulam MM; Wakil Wali Kota Malang, Ir H Sofyan Edi Jarwoko; Wakil Bupati Malang, Drs H Didik Gatot Subroto SH MH; Wakil Wali Kota Batu, Ir H Punjul Santoso SH MM; dan Kepala Perangkat Daerah se-Malang Raya.

 

Kerja Sama Daerah Malang Raya ini merupakan perpanjangan kesepakatan bersama dalam rangka mewujudkan Malang Raya Maju bersama. Hal ini selaras dengan amanat Peraturan Pemerintah (PP) No 28 Tahun 2018 tentang Kerjasama Daerah.

 

Dengan demikian, sinergitas ini juga diharapkan akan menjadi dasar dalam kerja sama ketiga daerah tersebut yang muaranya akan membawa manfaat dalam pembangunan Malang Raya ke depannya.

 

Adapun nilai strategis dalam kegiatan ini antara lain penguatan pariwisata antar dinas pariwisata, Pekerjaan Umum (PU), ekonomi, dan seterusnya.

 

“Sinergi ini harus dikuatkan bukan hanya sinergi pembangunan, sinergi bagaimana penguatan UMKM, kebijakan-kebijakan daerah dan seterusnya,” tambah Sutiaji.

 

Baca Juga  Curah Hujan Tinggi 260 Rumah di Kota Malang Terendam Banjir

Selanjutnya, Kepala Bakorwil III Malang, Sjaichul Ghulam, menyampaikan bahwa MoU ini penting sebagai dasar sinergi Malang Raya.

 

“Intinya begini, kita tahu Malang Raya inikan lokasinya berdempet-dempetan. Apapun kebijakan yang berkaitan di Malang Raya ini, harus diketahui oleh kepada daerah yang ada di Malang Raya. Artinya, MOU ini menjadi dasar kerja sama-kerja sama lainnya,” tandasnya.(ads)

 

Reporter: Feni Yusnia

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *