PON XX di Papua Harus Menjadi Momentum Kebangkitan dari Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Pertemuan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, dengan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana di Kantor KONI Pusat Jakarta, pada Kamis (20/5/2021).

JAKARTA—Pekan Olah Raga Nasional (PON) Indonesia XX di Papua harus menjadi momentum dan simbol kebangkitan masyarakat Indonesia dari pandemi Covid-19. Pelaksanaan pentas olah raga multievent terbesar se-Indonesia itu juga dapat menunjukkan bahwa dalam kondisi seperti ini tetap semangat memajukan olah raga nasional. Setelah sempat tertunda PON XX 2021 juga dipastikan tetap digelar di Provinsi Papua.

Tekad tersebut mencuat dalam pertemuan antara Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman dengan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana di Kantor KONI Pusat Jakarta, Kamis (20/5/2021) lalu.

Pada kesempatan tersebut, Dr Aqua yang mendapat amanah dari Marciano untuk menjadi Staf Ahli Ketua KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik menyatakan berkenan membantu sepenuhnya untuk mensukseskan PON XX Papua. Mantan wartawan di banyak media besar itu, siap berpartisipasi baik dari sisi komunikasi maupun motivasi.

Pertemuan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, dengan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana di Kantor KONI Pusat Jakarta, pada Kamis (20/5/2021).

Pada Minggu malam ini (23/5/2021) Dr Aqua akan ke Papua. Agenda utamanya adalah Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan puluhan peserta Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemasyarakat Kantor Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) Wilayah Papua. Kakanwilnya Anthonius Mathius Ayorbaba yang mengundang anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi (ISKI) tersebut.

Terkait dengan itu, Dr Aqua telah menginfokan hal tersebut ke Marciano. Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu jika mendapat tugas dari Marciano siap melaksanakan.

“Saya di Papua selama beberapa hari. Agenda utamanya Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kantor Kemenkumham Wilayah Papua. Di luar itu jika ada tugas dari Pak Marciano, saya siap melaksanakannya,” kata Dr Aqua dalam penyampaianya kepada Marciano.

Dalam pertemuan dan perbincangan selama lebih dari dua jam itu, Marciano yang merupakan mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) ini menguraikan berbagai aspek persiapan pelaksanaan PON XX di Papua. Jajarannya di KONI Pusat intens berkoordinasi sama tuan rumah untuk mensukseskan acara tersebut.

Di sisi lain, Dr Aqua yang merupakan sahabat Marciano menyimak semua yang disampaikan. Ia juga mengapresiasi beberapa hal termasuk kemajuan KONI Pusat setelah dipimpin Marciano.

Baca Juga  Sutiaji Harap Warga Tak Terlalu Risau PPKM Tahap II

“Sekarang ini ada tim dari KONI Pusat yang sedang berada di Papua. Mereka intens melaksanakan pertemuan dengan panitia di Papua untuk membicarakan berbagai hal yang terkait upaya mensukeskan pelaksanaan PON XX di provinsi itu,” kata Marciano menjelaskan.

Optimis Sukses
Seperti diketahui, PON XX Papua sempat tertunda pelaksanaan karena pandemi Covid-19 di Indonesia. Pemerintah Papua kesulitan menyelesaikan pekerjaan fisik venue dan pengadaan peralatan karena adanya pembatasan dari negara-negara luar.

PON XX Papua semula direncanakan berlangsung pada 20 Oktober-2 November 2020 lalu. Karena pandemi Covid-19 dan beberapa hal lainnya sehingga terpaksa ditunda penyelenggaraannya menjadi 2 sampai 15 Oktober 2021 mendatang.

Rencananya, PON mendatang akan digelar di empat wilayah, yakni Jayapura, Kabupaten Jayapura, Timika, dan Merauke. PON akan mempertandingkan 37 cabang olah raga serta diikuti 9.703 atlet dan 9.663 ofisial.

Pada Rabu (7/4/2021) lalu Marciano bersama jajarannya baik di KONI Pusat maupun KONI 33 provinsi minus Nusa Tenggara Timur yang baru terkena bencana alam, menghadiri pembukaan Chef de Mission Meeting II PON XX di Hotel Suni Lake Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Gubernur Papua Lukas Enembe bersama  jajaran Forkompimda seperti Wali Kota Jayapura Benhur Tommi Mano, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga juga hadir dalam acara tersebut.

Ketua Harian Panitia Besar PON XX, Yunus Wonda bersama timnya dalam pertemuan tiga hari itu memaparkan kepada seluruh yang hadir tentang kesiapan dari masing-masing bidang. Intinya provinsi Papua sudah sangat siap jadi tuan rumah PON XX.

“Waktu terakhir ke Papua awal April 2021 lalu, dalam rapat Chef de Mission PON XX yang dilaksanakan untuk kedua kalinya, saya bersama teman-teman dari KONI Pusat dan daerah mendapat laporan bahwa pemerintah Papua sudah sangat siap untuk melaksanakan kegiatan olahraga nasional empat tahunan tersebut,” jelas Marciano.

Baca Juga  Wali Kota Sutiaji Bagi-bagi Masker ke Pedagang Pasar Bunul

Setelah menghadiri rapat itu dan melihat langsung di lapangan, Marciano optimis PON XX Papua itu bakal sukses digelar. Dia mengapresiasi Gubernur Papua Lukas Enembe bersama jajarannya yang telah bekerja keras mempersiapkan acara tersebut.

Harus Optimal
Menanggapi uraian dari Marciano, Aqua Dwipayana yang merupakan doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung ini mendorong agar berbagai pihak yang terlibat pada PON XX Papua termasuk para petugasnya perlu mendapatkan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Dengan demikian, dalam melaksanakan semua tugasnya optimal.

Oleh karena itu, terkait kehadirannya ke Provinsi Papua pada pekan ini, Dr Aqua telah menginformasikannya kepada Marciano. Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu menegaskan kesiapannya jika mendapat tugas dari Marciano.

“Saya di Papua selama beberapa hari. Agenda utamanya Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kantor Kemenkumham Wilayah Papua. Di luar itu jika ada tugas dari Pak Marciano, saya siap melaksanakannya,” kata Dr Aqua.

Lebih jauh Marciano menguraikan, meski saat ini masih pandemi Covid-19, dia yakin PON XX Papua dapat dilaksanakan sesuai rencana. Menurutnya, panitia penyelenggara telah menyusun panduan protokol kesehatan pelaksanaan PON XX Papua untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan.

Selain itu tambahnya, pemerintah telah berkomitmen untuk melakukan vaksinasi atlet, ofisial, dan masyarakat sekitar venue pertandingan. Pelaksanaannya diupayakan sebelum PON XX Papua berlangsung sehingga dapat mewujudkan rasa aman dan nyaman pada semua pihak yang terlibat pada kegiatan empat tahunan tersebut.

Mantan Komandan Kodiklatad itu yakin Polri dan TNI akan mengoptimalkan keamanan di semua venue pertandingan olahraga dan tempat-tempat yang terkait dengan PON XX Papua. Sehingga suasananya kondisi.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana memberikan tali asih pada Pertemuan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, buku Trilogi The Power of Silaturahim.

“Terkait dengan pandemi Covid-19 dan keamanan, saya yakin berbagai pihak akan melakukannya secara optimal. TNI dan Polri pasti bersama-sama mengamankan semua tempat untuk kegiatan PON XX Papua agar aman dan kondusif,” terang Marciano.

Untuk transportasi lokal di empat daerah pelaksanaan pertandingan olahraga, terang Marciano, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah menyiapkan 428 bus buat mengangkut atlet dan ofisial.  Rinciannya klaster Kota Jayapura mendapatkan jatah terbanyak yakni 175 bus. Sedangkan lainnya adalah Kabupaten Jayapura (123 bus), Kabupaten Mimika (92 bus) dan Kabupaten Merauke (38 bus).

Baca Juga  PJTKI PT CKS di Malang Terancam Ditutup? Ini Kata BP2MI

Di sisi lain, Garuda Indonesia secara resmi menjadi maskapai penerbangan bagi  kontingen PON XX Papua. Kepastian tentang itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra dengan Marciano Norman di Cengkareng, Tangerang, pada Jumat (7/52021) lalu.

Dengan kerja sama tersebut, Garuda Indonesia akan memberikan beberapa manfaat penerbangan untuk seluruh anggota KONI Pusat, 34 KONI Provinsi,  serta pengurus dan atlet dari 71 induk cabang olahraga.  “Pak Aqua, sebelum Lebaran Idul Fitri, tepatnya Jumat (7/5/2021) saya sudah menandatangani kerja sama dengan Direktur Utama Garuda Indonesia Bapak Irfan Setiaputra. Mudah-mudahan kemitraan itu sama-sama memajukan kedua belah pihak,” ungkap Marciano.

Sebagai Ketua KONI Pusat, Marciano menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Garuda Indonesia atas kerja sama tersebut.  “Dukungan yang diberikan Garuda Indonesia melalui kerja sama hari ini sangat mendukung olahraga prestasi Indonesia. Garuda Indonesia menjadi bagian penting dalam upaya mengharumkan nama Bangsa dan Negara Indonesia melalui olahraga prestasi,” kata Marciano dalam sambutannya seusai penandatangan kerja sama itu.

Sebelum Dr Aqua pamit, Marciano mengatakan kalau ke Papua lagi untuk melihat persiapan PON XX Papua akan mengajak penulis banyak buku best seller itu. “Nanti saya kabari jika sudah ada jadwalnya. Pak Aqua ikut ya. Kita sama-sama ke sana,” pungkas Marciano.

Setelah pertemuan lebih dari dua jam itu Dr Aqua menyampaikan rasa syukur dan senangnya. Mendapat info langsung dan komprehensif tentang persiapan pelaksanaan PON XX Papua.  “Terima kasih banyak Pak Marciano untuk silaturahim dan diskusi kita. Semoga pelaksanaan PON XX sukses, lancar, dan aman” ujar Dr Aqua.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *