Pesan Dekan FEB UNISMA Kepada Relawan Pajak 2021

  • Whatsapp
Dekan FEB UNISMA bersama Aktivis Galeri Investasi FEB UNISMA

MALANG — Pendidikan dan Pelatihan Relawan Pajak batch III tahun 2021 yang digelar Tax Center FEB UNISMA bekerjasama denga Kanwil DJP Jawa Timur III telah selesai digelar pada 8 Februari 2021.

Setelah mengikuti proses seleksi yang sangat ketat dari Tim Tax Center FEB UNISMA pada bulan November 2020 hingga Januari 2021, sebanyak  65 orang relawan pajak berhasil direkrut untuk selanjutnya diberi pembekalan materi tentang seputar pengisian SPT.

Bacaan Lainnya

Bank BNI

Pengisian SPT itu diantaranya, efilling,ebilling, kesadaran pajak, leadership, code of conduct, komunikasi yg efektif, sebagai relawan pajak , case study dll oleh tim instruktur dari Kanwil DJP Jawa Timur III dan Tax Center FEB UNISMA.

Akhirnya selesai sudah program pendidikan dan pelatihan yamg dikemas selama 14 hari. Tepatnya Senin, 8 Februari 2021 Dekan FEB UNISMA, Nur Diana menutup Kegiatan pembekalan sekaligus melantik secara resmi kepada 65 Relawan pajak dari Tax Center FEB UNISMA.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang, Nur Diana dalam sambutannya saat pemberangkatan mengatakan, program Relawan Pajak tersebut merupakan bentuk sinergi FEB UNISMA dengan Kanwil DJP Jawa Timur 3 yang terbentuk sudah tahun yang ke 3.

“Dengan adanya program Relawan Pajak, mahasiswa akan terjun ke masyarakat, memberikan sosialisasi, edukasi dan asistensi wajib pajak dan inilah momen yang tepat bagi kalian semua untuk mengaplikasikan ilmu perpajakan berhadapan langsung dengan wajib pajak” jelas Diana

Diana mengatakan, pihaknya berharap mereka yg terjun sebagai relawan pajak, akan lebih matang karena ada kesempatan untuk belajar langsung tentang perpajakan, permasalahan dan tantangan yang ada.

Baca Juga  Pemkot Malang Bakal Aktifkan 4 Ribu Posko PPKM Mikro di Semua RT

“Perlu disadari Pajak masih menjadi primadona dalam dalam struktur APBN Republik Indonesia sehingga dalam pembangunan negara kita sangat bergantung pada sektor ini”.

Namun masa pandemi Covid-19 telah mengakibatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia menurun, ini menjadi tantangan berat bagi Indonesia apalagi banyak kebijakan insentif pajak diberikan kepada wajib pajak yang terimbas pandemi diperpanjang hingga bulan Juni 2021.

”Ini merupakan upaya pemerintah untuk memberikan kemudahan dan penyederhanaan pajak dalam upaya meningkatkan penerimaan pajak dimasa pandemi covid-19 yg belum berakhir” jelas Diana

Selanjutnya Diana Menambahkan, bahwa perguruan tinggi menjadi salah satu unsur yang turut berkontribusi dalam menyebarluaskan kesadaran pajak di lingkungan kampus melalui tax center yang sekarang banyak berdiri di seluruh Indonesia.

“Untuk itulah fungsi tax center harus mampu mendukung inklusi kesadaran pajak. Salah satunya program relawan pajak sebagai bentuk perwujudan lembaga pendidikan yang melibatkan mahasiswa yang bergerak dalam rangka bela negara yang memiliki tugas mulia untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya pada negara,” jelasnya.

Diana sekaligus menegaskan bahwa seluruh keluarga besar Universitas Islam Malang dapat melaporkan SPT tahunannya di Tax Center FEB UNISMA. Sedangkan relawan pajak yang telah dikukuhkan ini juga dapat memberikan asistensi pelaporan SPT kepada warga kampus selama bulan Maret 2021.

Ketua Tax Center FEB UNISMA Luis Wijaya menjelaskan, program Relawan Pajak ini merupakan tahun ketiga yang dilaksanakan Tax Center FEB UNISMA . Dijelaskan dia, sejak dibuka rekrutmen Relawan Pajak pada bulan Oktober 2020 ada 160 mahasiswa dari yang mendaftar.

Pada bulan Nopember dilaksanakan seleksi tertulis dan pada bulan Desember dilaksanakan seleksi wawancara. Pada 26 Januari hingga 8 Desember 2021 dilaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Relawan Pajak.

Baca Juga  BEI FEB UNISMA Gelar Webinar Analisis Teknikal Advance

“Peserta yang lolos seleksi sebagai Relawan Pajak berjumlah 65 orang dari Prodi Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang,” terangnya, pada Acara Pengukuhan dan Pemberangkatan Relawan Pajak 2021 di Laboratorium Multimedia Gedung FEB UNISMA Lantai 3.

Dalam kegiatan tersebut Nur Diana melakukan Penyematan Secara Simbolis sebagai tanda pengukuhan Relawan Pajak FEB UNISMA 2021 secara resmi untuk diterjunkan ke kantor pelayanan pajak Batu, Kantor pelayanan Pajak Malang Utara bahkan juag memberikan asistensi kepada warga kampus sebagau wajib pajak.

“Selamat bertugas menjadi Relawan Pajak, Jaga Integritas kalian dan Ingat selalu code of Conduct Relawan Pajak di setiap menjalankan aktivitas kalian “ pesan Diana dihadapan peserta relawan pajak 2021.(ads).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *