Pertama di Indonesia, 3 Kandidat Sekda Kota Malang Bakal Jalani Uji Publik

  • Whatsapp
Wali Kota Malang, Sutiaji. Foto: Feni Yusnia

Tugumalang.id – 3 kandidat calon penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang terpilih akan segera menjalani proses seleksi lanjutan yakni Uji Publik, di Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang, pada 8 April 2021 mendatang.

Metode uji publik ini diklaim baru pertama kali diterapkan dalam pemilihan Sekda/Sekkota di Indonesia. Bahkan, tes uji publik ini mendapatkan apresiasi dari Komisi Aparatus Sipil Negara (KASN).

Bacaan Lainnya

Dalam pelaksanaan uji publik itu, akan ada proses tanya jawab antara bakal calon Sekda Kota Malang dengan masyarakat umum, terkait visi misi para calon.

Seperti diketahui, ketiga kandidat Sekda Kota Malang itu diantaranya adalah Subkhan yang merupakan Kepala BKAD Kota Malang. Lalu ada Erik Setyo Santoso yang merupakan Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang. Juga ada Handi Priyanto yang kini menjabat Kepala Bapenda Kota Malang.

Ketiganya akan menjalani tes uji publik yang akan ditanyai oleh sejumlah tokoh penting di Malang. Mulai dari Ketua DPRD Kota Malang, Kapolresta Malang Kota, Dandim 0833/Kota Malang, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang, hingga Kepala Pengadilan Negeri Kota Malang.

”Nanti siapapun mulai Kajari, Kapolresta, Dandim atau masyarakat umum bebas bertanya. Karena nanti segala arah kebijakan kota nantinya juga adalah representasi warga Kota Malang,” ujar Wali Kota Malang, Sutiaji, pada Selasa (6/4/2021).

Selain itu, juga akan ada tim panelis lain yang melibatkan 15 perwakilan dari organisasi profesi lintas pentahelix, termasuk unsur media massa. ”Saya juga minta ada panelis lain termasuk Aptisi hingga unsur media massa,” ujarnya.

Baca Juga  Calon Sekda Kota Malang, Subkhan Nilai Jabatan Sekda adalah Pengayom

Sebelumnya, Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Kota Malang telah mengumumkan 3 nama kandidat kuat yang rata-rata adalah pejabat eselon II dan namanya juga sering hilir mudik di media massa.

Diketahui, ketiganya telah melalui tahapan seleksi penilaian kompetensi bidang. Dalam waktu dekat, ketiganya akan menjalani tes kesehatan, kejiwaan, hingga bebas narkotika.

Setelah uji publik, akan disampaikan hasil penilaian akhir oleh Tim Pansel yang diperkirakan pada 12 April 2021 mendatang.

Reporter: Ulul Azmy

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *