Penyekatan Mudik Lebaran, Kendaraan Luar Kota Dilarang Masuk Kota Malang

  • Whatsapp
Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadian Nasution. Foto/Azmy.
Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadian Nasution. Foto/Azmy.

MALANG – Satlantas Polresta Malang Kota terus berupaya mensosialisasikan larangan pemerintah terkait mudik lebaran 2021. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penyekatan di tiap perbatasan masuk Kota Malang.

Hal ini diungkapkan Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution bahwa larangan mudik lebaran ini ditujukan sebagai upaya mencegah lonjakan angka kasus Covid-19. Meski pandemi ini sudah berjalan setahun terakhir.

Bacaan Lainnya

”Intinya, dasar pelarangan ini lantaran masih dalam masa pandemi, biar tidak ada lonjakan angka kasus baru lagi. Lagipula, vaksinasi sekarang masih baru berjalan dan belum menyasar semuanya,” terang Rama, Kamis (15/4/2021).

Rama menjelaskan, kebijakan penyekatan ini akan dilakukan di 2 titik, yakni di Graha Kencana Jalan Raya Balearjosari dan Exit Tol Madyopuro. Nanti kedua titik itu akan direkomendasikan kepada Korlantas Polri dan Ditlantas Polda Jatim.

”Sekarang kita masih nunggu juklak dan dasar hukum pastinya dari pusat dan juga instruksi dari Satgas COVID-19,” tambahnya.

Rama menambahkan, implementasi penyekatan ini nanti kurang lebih sama dengan yang akan dilakukan selama kegiatan PSBB dalam setahun terakhir. Mulai membangun pospam hingga pos pelayanan di titik-titik penyekatan.

”Untuk kendaraan lewat nanti akan kami periksa bukan berdasarkan pada plat nomor, tapi dari KTP yang jika asalnya dari luar kota, kami imbau untuk putar balik,” tegasnya.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan resmi mengeluarkan Permenhub No. 13 Tahun 2021 yang isinya soal pelarangan mudik lebaran. Didalamnya, ada kebijakan berupa pelarangan operasional seluruh moda transportasi baik darat, laut dan udara mulai tanggal 6-17 Mei 2021. (Azmy/noe)

Baca Juga  Jelang Libur Lebaran, Pemkot Batu Imbau Tempat Wisata Perketat Protokol Kesehatan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *