Pengusaha Fotografi Kembangkan Bisnis Go Internasional

  • Whatsapp

 

Malang – Yogie Tri Wicaksono merupakan owner prince photo pengusaha di bidang jasa photography mulai membuka bisnis tahun 2016 pasca resign dari tempat kerja. Sebelumnya, dia pernah bekerja di bidang event organizer.

Yogie sapaan akrabnya menceritakan resign lantaran jabatan dan gajinya  tidak bisa lebih lagi. Sehingga dia memilih untuk resign dan membuka bisnis baru.

” Jadi tahun 2016, saya memutuskan¬† mendirikan Usaha sendiri yang bergerak dibidang jasa fotografi, saya memilih bisnis fotografi awalnya karena ingin memulai bisnis dari apa yang saya punya,” katanya.

Dia menyebutkan jika modal utama dalam menjalankan bisnis forografi adalah kamera. Tak hanya itu, untuk menekuni bisnisnya dia mulai mengikuti sekolah foto hingga workshop fotografi.

Selama menjalankan bisnis kerap kali dia terfikir bahwa bisnisnya di bidang fotografi sangat dibutuhkan oleh semua kalangan.

” Dalam pemikiran saya, dunia fotografi sangat dibutuhkan oleh semua orang semua umur mulai foto kehamilan, foto, kelahiran, foto ulang tahun, foto pernikahan dan lain sebagainya,”katanya.

Namun, Yogie lebih memilih jasa foto advertising atau iklan, sebab memiliki kepuasan tersendiri. ” Jadi, ada kepuasan tersendiri ketika karya kita terpampang ditempat umum,”terangnya.

Selain itu, menjadi pengusaha di bidang jasa foto advertising masih belum banyak pesaingnya. Jatuh bangun alam membangun usaha sudah pernah dilakukan dengan mengawali bisnis menawarkan jasa dari pintu rumah satu ke tempat lainya.

” Saya mengawalinya dari sales mulai dari pintu ke pintu. Saya silaturahmi ke beberapa kenalan saya yang memiliki bisnis jual beli produk. Saya melakukan hal itu selama kurang lebih 3 bulan,”terangnya.

Selama kurang lebih 3 bulan berlangsung masyarakat belum ada yang tertarik. Namun, berjalan selama 5 bulan akhirnya banyak menerima pesanan.

Baca Juga  Cetak Generasi Baru Kritikus Film, Jurusan Sastra Inggris UM Gelar Workshop Film Cricitism

” Di bulan ke 5 banyak orang order jasa tapi bukan dari kalangan saya. Alhamdulillah mulai banyak yang order tetapi orang – orang yang tidak saya kenal. Ternyata mereka yang order itu adalah, recomendasi dari orang orang yang saya kunjungi selama kurang lebih 3 bulan,”jelasnya.

” Ternyata yang saya lakukan bisa efektif dalam marketing mulut ke mulut dan sekarang saya fokus memasarkan jasa fotografi Prince Photoo ini melalui media sosial Instagram dan Facebook,” ujarnya.

Rencananya, dia akan mengembangkan bisnisnya hingga Go Internasional. Sebab, beberapa target telah dicapai.

” Alhamdulillah target untuk kawasan nusantara, sudah tercapai. Beberapa klien dari sabang sampai merauke sudah pernah kami layani, jadi harapan kami kedepan bisa melayani go internasional,”harapnya.

Dia membagikan tips bisnis diantaranya kemauan, keyakinan, kepercayaan, istiqomah, tidak meninggalkan ibadah dan shodaqoh.

” Bagi saya bisnis itu seperti itu, jadi harus imbang hubungan kita dengan Allah atau hubungan kita dengan sesama,”terangya.

Sementara itu, Yogie bergabung menjadi member TDA sejak tahun 2016 namun mulai aktif menjadi member tahun 2020.

” Alhamdulillah selama saya gabung dengan TDA, banyak ilmu bisnis yang saya dapat. Sehingga bisnis saya semakin lebih baik,”ungkapnya.

Saat ini, alamat Yogie terletak di Perumahan Cassava Regency 2 Blok E2, Jl. Babatan III, kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang , Kota Malang, Jawa Timur.(ads)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *