Tugumalang.id – Pengembangan kemampuan kognitif pada anak usia dini memiliki peran yang sangat vital. Pentingnya aspek kognitif ini menggerakkan dosen Fakultas Psikologi UM, Laila Indra Lestari S.Psi., M.A. dan Melly Amalia Vardia, S.Psi., M.Si, untuk melakukan pengabdian masyarakat mulai dari 18 hingga 20 Juli 2023.
Bertempat di TK RA Al Jihad Kota Malang, kedua dosen tersebut mengenalkan Number Sense Game, sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan Literasi Numerik para siswa TK. Dengan dibantu beberapa mahasiswa, antara lain, Muhammad Yanuar Abdillah, Priskila Andia Kristanti, Apriliya Wahyu Putri, dan Alexandra Adjani Lega, kegiatan belajar didesain menyenangkan untuk anak-anak.
Baca Juga: Pengabdian Masyarakat di Brunei, Fakultas Psikologi UM Gelar Asesmen Kognitif dan Workshop Parenting
Proses kognitif menjadi perhatian karena melibatkan berbagai kemampuan berpikir anak, seperti menerima, memeroses, menyimpan, dan menggunakan informasi. Oleh karena itu, upaya ini dilakukan untuk membantu mereka memahami dunia di sekitar mereka dengan lebih baik.
Pengabdian Masyarakat Dosen Psikologi UM, Tingkatkan Literasi Numerik melalui Permainan
Salah satu tujuan utama dari kegiatan pengabdian masyarakat dosen fakultas psikologi UM kali ini adalah untuk menumbuhkan perasaan positif terkait dengan belajar matematika. Mengingat dalam pandangan banyak orang, matematika seringkali dianggap sulit dan menakutkan. Namun, dengan pendekatan yang tepat, matematika sebenarnya dapat diajarkan dengan cara yang menyenangkan.
“Kemampuan berhitung saat ini dianggap penting karena merupakan kemampuan penting untuk kehidupan praktis sehari-hari ataupun keperluan melanjutkan sekolah,” terang Laila Indra Lestari.
Baca Juga: Webinar Fakultas Psikologi UM Bareng Halo Jiwa, Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Mental Anak
Dalam upaya meningkatkan literasi numerik anak usia dini, para dosen dan mahasiswa ini merancang sebuah permainan yang disebut “Number Sense Game.” Permainan ini dirancang untuk membantu anak-anak memahami konsep-konsep dasar numerik secara intuitif melalui aktivitas yang interaktif dan menyenangkan.
“Anak-anak diajak belajar dan bermain melalui Number Sense Game agar anak memiliki pandangan positif terhadap angka sejak dini,” imbuh Laila.
Meningkatkan Literasi Numerik untuk Masa Depan yang Lebih Baik
Lingkungan belajar berbasis permainan dapat memberikan lingkungan yang memotivasi bagi anak- anak, mengingat kombinasi antara belajar dan bermain. Menurut Laila selaku praktisi dan dosen Fakultas Psikologi UM, apabila anak memiliki literasi numerik yang baik, anak akan dapat memahami peran matematika dalam kehidupan sehari-hari
“Oleh karena itu, kami mengembangkan dua lingkungan pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan literasi numerik pada anak-anak dan membangun pemahamanan dan perilaku positif anak terhadap matematika sejak dini,” pungkasnya menjelaskan kegiatan pengabdian masyarakat Dosen Fakultas Psikologi UM untuk siswa TK di Malang, khususnya di RA Al Jihad Kota Malang.
Penulis: Imam A. Hanifah
Editor: Herlianto. A