Pemkab Malang Janji Pengungsi Korban Gempa Bisa Lebaran di Rumah

  • Whatsapp
Kerusakan akibat gempa di Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Foto: Rizal Adhi
Tugumalang.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menargetkan agar warga yang menjadi pengungsi akibat gempa magnitude 6,1 di Malang Selatan bisa segera mendapat rumah sementara sebelum Hari Raya Idul Fitri 2021.
“Progres pembangunan rumah warga terdampak gempa akan kita bahas besok (hari ini). Saya mintanya itu pembangunan selesai sebelum ramadhan berakhir. Tinggal 300 rumah kita bikin untuk pembangunan rumah layak huni,” terang Bupati Malang, Muhammad Sanusi, pada Rabu (22/04/2021).
300 rumah yang akan dibangun kembali ini adalah keseluruhan rumah para pengungsi di seluruh Kabupaten Malang. “Dari 300 rumah ini didata dari semua rumah yang terdampak di Kabupaten Malang, pokoknya mereka yang mengungsi akan kita proseskan,” jelasnya.
Rumah yang akan dibangun dalam waktu dekat ini adalah rumah semi-permanen. “Rumahnya sendiri sementara semi-permanen dari kayu dan dikasih material lainnya. Untuk biaya setiap rumah akan dibahas lebih lanjut, dan pembiayaan dari Pemkab sendiri,” tuturnya.
Alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran ini berharap, masyarakat bisa merayakan lebaran di dalam rumah. “Saya berharap 900 pengungsi itu lebaran ini tidak lagi berada di pengungsian,” ujarnya.
Reporter: Rizal Adhi
Editor: Lizya Kristanti
Baca Juga  Silaturahim: Jejaring Fans, Imunitas, dan Harapan Hidup di Tengah Pandemi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *