Mulai 1 April 2021, Ada Layanan Vaksinasi Drive Thru di Kota Malang

  • Whatsapp
Wali Kota Malang Sutiaji. Foto : Azmy.
Wali Kota Malang Sutiaji. Foto : Azmy.

MALANG – Upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi melalui layanan vaksinasi drive thru oleh Pemkot Malang akan segera terwujud pada 1 April 2021 mendatang. Dengan adanya layanan ini percepatan peningkatan kekebalan kelompok dari virus Covid-19 dapat dipercepat.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Malang Sutiaji, bahwa layanan ini sudah dalam proses penjajakan kerjasama dengan aplikasi kesehatan Halodoc. Jadi, nantinya penerima vaksin bisa mendaftar via Halodoc. Setelah itu baru mendatangi tempat vaksinasi yang telah ditentukan melalui 4 pos pemeriksaan.

Bacaan Lainnya

4 pos pemeriksaan ini mulai pemeriksaan administrasi, kesehatan, penyuntikan vaksin hingga observasi serta pemberian sertifikat. Jika nanti terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) mereka tinggal menyalakan klason.

Hadirnya layanan vaksin drive thru ini nanti akan pertama kali diterapkan untuk para lansia di tahap lanjutan nanti. Dari data yang dimiliki, ada sekitar 100 lebih lansia di Kota Malang.

“Kami dapat kuota vaksin hampir 90 ribu untuk lansia. Sementara, data lansia ada 100 lebih. Nanti kalau kuranga akan kami minta tambahan agar semuanya bisa divaksin,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Mu’arif mengatakan bahwa dimulainya program vaksinasi drive thru ini nanti akan dijalankan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Malang. “Nanti akan dilaunching saat HUT Kota Malang 1 April nanti,” kata dia.

Lokasi vaksin drive thru sendiri kata Husnul rencana akan ditempatkan di Jalan Sultan Agung, yang berjarak kurang lebih 100 meter dari Balai Kota Malang.

Baca Juga  Sambang Silaturahmi Selama Lebaran di Malang Raya Tetap Dibolehkan

”Khusus lansia, pakai sistem drive thru dari keluarga lansia karena harus ada yang mengantar, bisa roda empat bisa roda dua. Titiknya sementara satu dulu, insyaallah di sekitar Jalan Sultan Agung,” katanya.

Husnul menambahkan, lansia menjadi prioritas penerima vaksin merujuk pada instruksi Kemenkes karena termasuk kelompok rentan terpapar Covid-19.

Sebatas informasi, sebelumnya Dinas Kesehatan Kota Malang telah menerima alokasi vaksin Sinovac sebanyak 40.600 vial vaksin untuk vaksinasi COVID-19 tahap kedua.

Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua di Kota Malang, akan diprioritaskan bagi petugas pelayanan publik, termasuk guru, TNI, dan Polri, Jurnalis hingga driver ojol. (Azmy/noe)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *