Upacara Melasti di Pantai Balekambang Berlangsung Tertutup

  • Whatsapp
Upacara Melasti di Pantai Balekambang, Malang.
Upacara Melasti di Pantai Balekambang, Malang.

MALANG – Upacara Melasti yang dilakukan Umat Hindu di Pantai Balekambang pada Kamis (11/03/2021) berjalan eksklusif dan tertutup. Bahkan, awak media yang hendak meliputi sempat ditahan di gerbang masuk Pantai Balekambang kendati wisatawan tetap lalu-lalang masuk ke pantai wisata yang berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Setelah melakukan perundingan, awak media akhirnya diijinkan masuk. Namun, para awak media dilarang mendekati pura yang ada di Balekambang tersebut.

Bacaan Lainnya

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Malang, Sutomo Adiwijoyo, membenarkan bahwa awak media tidak diijinkan masuk untuk meliput Upacara Melasti seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Tadi katanya ada media yang mau meliput dan masuk ke Pura, tapi mohon maaf di Pura itu tidak boleh orang yang Cuntaka. Cuntaka itu istilahnya berhalangan atau belum dilukat, makanya tidak diperkenankan untuk menghormati,” terangnya saat dikonfirmasi lewat telepon.

Sutomo mengatakan Upacara Melasti kali ini memang dilaksanakan secara sederhana dan tertutup.

“Yang kita lakukan sangat sederhana, pelaksanaannya mulai dari kemarin hingga hari ini. Kita melakukan protokol kesehatan sesuai aturan, makanya kita batasi dan tidak mengundang umat,” tegasnya.

Upacara Melasti hari ini sendiri dilaksanakan sejak pukul 09.00 WIB dengan hanya mendatangkan perwakilan setiap kecamatan di Kabupaten Malang.

“Hari ini upacara kita mulai jam 9, ada larung juga cuma diwakili satu saja dan tidak perlu banyak. Kalau dulu kan bisa sampai 40 orang lebih,” bebernya.

“Masing-masing kecamatan kita minta hanya 5 orang saja perwakilannya,” pungkasnya.

Baca Juga  Hasil Sayembara, Begini Sejarah Gedung Balai Kota Malang

Upacara Melasti sendiri adalah upacara penyucian diri bagi Umat Hindu untuk menyambut Hari Raya Nyepi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *