MALANG – Mercy Corps Indonesia (MCI) dan DANA tengah berupaya mengembangkan program pemberdayaan UMKM di Malang Raya. Salah satunya melalui program CAMELIA (Covid-19 Recovery for Women-led Small Businesses in Greater Malang), yang difokuskan pada pemberdayaan bagi pengusaha perempuan yang terkena dampak COVID-19.
Executive Director Mercy Corps Indonesia, Ade Soekadis mengungkapkan bahwa UMKM memiliki kontribusi lebih dari 50 persen terhadap pertumbuhan perekonomian di Jawa Timur.

Malang Raya sebagai wilayah surganya pariwisata, pendidikan hingga industri memiliki potensi besar untuk dapat mengembangkan UMKM. Untuk itu, diperlukan penguatan literasi digital melalui sinergi berbagai elemen agar UMKM di Malang Raya mampu berkembang di masa pandemi Covid-19.
“Kami mendukung upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi dari efek pandemi Covid-19 dengan menghadirkan program CAMELIA sebagai sarana edukasi, peningkatan keterampilan dan berjejaring,” ujarnya dalam seremoni Penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama antara MCI dan DANA di Kota Malang, Rabu (19/1/2022).
Melalui program Camelia, dia berharap pelaku usaha UMKM terutama pengusaha perempuan di Malang Raya bisa mendapatkan kemudahan untuk mengembangkan usahanya.
Program CAMELIA yang difokuskan pada pemberdayaan pengusaha perempuan sejalan dengan komitmen DANA yang terus mendukung penuh perempuan Indonesia dalam memperoleh akses ekonomi digital yang inklusif, termasuk pada sektor UMKM.
Chief People & Corporate Strategy Officer DANA, Agustina Samara menjelaskan bahwa pihaknya juga terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia khususnya perempuan melaluipemanfaatan dompet digital.
“Salah satunya dengan menciptakan produk digital yang inklusif untuk semua gender. Menjangkau pelaku usaha perempuan sebagai roda penggerak ekonomi. Kemudian melakukan edukasi literasi keuangan digital yang berkelanjutan,” jelasnya.
Menurutnya, selama masa pandemi digitalitasi semakin dibutuhkan untuk menopang keberlangsungan UMKM. Untuk itu, pihaknya terjun langsung untuk memberikan pelatihan dan penguatan literasi agar UMKM semakin mandiri dan berdaya.
Adapun rangkaian program edukatif dan informatif juga telah DANA siapkan untuk para peserta program CAMELIA. Yakni dengan sosialisasi dan pelatihan mengenai dompet digital DANA, khususnya yang berkaitan dengan jenis jenis fitur yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan usaha serta mempermudah pencatatan transaksi digital.
Salah satunya adalah fitur DANA Bisnis yang ditujukan khusus untuk pemilik usaha yang memiliki bisnis online maupun offline dan kini telah menjangkau lebih dari 400,000 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.
Dengan DANA Bisnis, pelaku usaha dapat mengajukan pembayaran dengan nyaman dan aman melalui penggunaan QRIS kepada konsumen. Di samping sosialisasi mengenai fitur, DANA juga memberikan edukasi di bidang inklusi keuangan, literasi keuangan, dan kewirausahaan secara digital.
“Program CAMELIA yang dilaksanakan Mercy Corps Indonesia sejak April 2021 hingga bulan Februari 2022 mendatang, ditargetkan akan menjangkau 300 perempuan pengusaha mikro dan kecil di Malang Raya,” tandasnya.
Reporter: M Sholeh
editor:jatmiko