Melibatkan 4 PTN di Surabaya, Tugu Media Goes to Campus Mendapat Apresiasi dari Emil Dardak

  • Whatsapp
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, saat memberi sambutan di acara Goes To Campus oleh Tugu Media Group (tugumalang.id dan tugujatim.id) dan PT Paragon Technology and Innovation, pagi ini (24/5/2021). Acara ini diikuti mahasiswa dari 4 kampus negeri di Surabaya yakni ITS, Unair, UIN Surabaya, Unesa. Foto: tangkapan layar

Tugumalang.id – Tugu Media Group yang membawahi Tugujatim.id dan Tugumalang.id bekerja sama dengan PT Paragon Technology and Innovation yang merupakan pabrik kosmetik berlabel halal terbesar di Indonesia—meliputi Wardah, Emina, Make Over, Putri, dan Kahf, membuat program pelatihan jurnalistik dan fotografi bernama ‘Tugu Media Goes to Campus’.

Tugu Media Goes to Campus kali ini digelar di 4 perguruan tinggi negeri (PTN) di Kota Surabaya, seperti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, yang diikuti lebih dari 725 peserta.

Bacaan Lainnya

Mentor yang mengisi pelatihan ini amat berkompeten. Sebut saja Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana; Pemimpin Redaksi (Pemred) Tugujatim.id, Nurcholis MA Basyari; Koordinator Liputan Tugumalang.id, Sujatmiko; dan 3 mentor profesional lainnya yang sudah memiliki sepak terjang luar biasa.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, saat memberi sambutan di acara Goes To Campus oleh Tugu Media Group (tugumalang.id dan tugujatim.id) dan PT Paragon Technology and Innovation, pagi ini (24/5/2021). Acara ini diikuti mahasiswa dari 4 kampus negeri di Surabaya yakni ITS, Unair, UIN Surabaya, Unesa. Foto: Ben

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, menyampaikan apresiasi pada Tugu Media Group dan PT Paragon Technology and Innovation yang telah berinisiatif mengadakan pelatihan jurnalistik dan fotografi, hal itu penting karena media merupakan penentu sendi-sendi hidup masyarakat.

“Saya memberikan apresiasi pada Tugu Media Group karena peran media massa dan media sosial saat ini, menentukan sendi hidup masyarakat, khususnya di Jawa Timur. Jadi masyarakat dapat memahami suatu proses dari produk jurnalistik yang dibuat,” terangnya.

Selain itu, Emil Dardak juga menyampaikan bahwa di masa kontemporer, banyak sekali berita-berita yang bernada jurnalisme kuning atau ‘yellow jurnalism’, yang biasa memakai siasat ‘click bait’ dalam mencantumkan beritanya. Hal itu berbahaya, karena tidak memberi informasi utuh pada masyarakat.

Baca Juga  Tugu Media Group Bagikan 100 Paket Buka Puasa kepada Polisi Cepek

“Sekarang banyak sekali berita ‘click bait’, judulnya sepenggal. Tidak memberi informasi utuh, kemudian tidak membaca isi, langsung berkomentar saja. Kalau di media online sekarang, ada halaman juga, sehingga saat baca halaman satu saja bisa rawan tidak lengkap,” sambungnya.

Emil juga berharap, bahwa momentum pelatihan jurnalistik dan fotografi yang diadakan Tugu Media Group ini dapat bermanfaat. Tetap menebarkan berita baik dan narasi yang optimis untuk masyarakat, khususnya di Jawa Timur. Karena apabila narasi yang dikeluarkan pesimis, dampaknya bakal terkena ke masyarakat.

“Kita berharap momentum ini bisa kita lanjutkan. Apabila narasi yang dikeluarkan pesimis, akan mempengaruhi masyarakat juga, khususnya Jawa Timur. Ada istilah ‘bad news is good news’, kadang masih berlaku, seringkali ada tendensi yang sifatnya negatif,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Tugu Media Goes to Campus juga dihadiri oleh perwakilan Humas, jajaran rektorat dan dekanat dari 4 PTN yakni Unair Surabaya, ITS Surabaya, UINSA dan Unesa.

Reporter: Rangga Aji

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *