Legislatif dan Eksekutif dari Satu Partai di Kabupaten Malang

  • Whatsapp
Pelantikan Ketua DPRD Definitif Kabupaten Malang pada Senin (26/04/2021) di Kantor DPRD Kabupaten Malang.

MALANG – Ketua DPRD Definitif Kabupaten Malang yang baru, Darmadi, akhirnya resmi dilantik untuk menggantikan Ketua DPRD Kabupaten Malang yang lama, Didik Gatot Subroto, karena sudah terpilih menjadi Wakil Bupati Malang.

“Yang pertama saya ucapakan terima kasih kepada partai dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Malang. Saya harap dengan diresmikan dan dipilihnya Ketua DPRD Definitif pengganti antar waktu sisa masa jabatan 2019-2024 ini menjadikan kinerja DPRD lebih baik dan bersama-sama Pemerintah Daerah membantu melaksanakan pembangunan sesuai cita-cita masyarakat dan visi misi Bupati Malang terpilih,” terang Darmadi usai pelantikan Ketua DPRD Definitif Kabupaten Malang pada Senin (26/04/2021) di Kantor DPRD Kabupaten Malang.

Bacaan Lainnya

Darmadi mengatakan jika tugas pertama yang akan ia lakukan adalah penyusunan RPJMD (Rencana Pembangunan Daerah Jarak Menengah) yang harus kita tuntaskan setelah Bupati Malang terpilih, ia menegaskan paling lambat 6 bulan ini harus selesai. Karena saat ini masih proses perancangan RPJMD, kemudian diberikan kepada Gubernur Jawa Timur untuk disetujui.

Lalu, hasil ini menimbulkan pertanyaan di benak masyarakat terkait independensi kedua lembaga legislatif dan eksekutif ini. Pasalnya keduanya dipimpin oleh kader dari partai yang sama, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Saat dikonfirmasi, Darmadi menjamin profesionalisme kedua lembaga legislatif maupun eksekutif meskipun berada dalam rumah yang sama yaitu PDIP.

“Kami menjalankan fungsi masing-masing, ada dari legislatif dan eksekutif, saya selaku petugas partai yang juga bertugas di legislatif akan belaku sesuai tupoksi DPRD sebagai bagian Pemerintah Daerah sekaligus pengawas pelaksanaan pemerintahan, juga sebagai jembatan dan perwakilan masyarakat,” tegasnya.

“Jadi, apakah itu separtai dengan saya atau tidak, saya akan menjalankan fungsi dengan baik sebagaimana yang sudah diatur pemerintah,” sambungnya.

Baca Juga  Selesaikan Masalah Hukum, Kasi Datun Kejari Batu Terima Penghargaan Wali Kota Batu

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Malang sebelumnya sekaligus Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, mengatakan jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dan DPRD Kabupaten Malang justru akan makin solid.

“Harapan kita agar semakin solid, semakin kuat, dan memacu proses pembangunan Kabupaten Malang. Sehingga ini akan memberi suasana yang harmonis antara DPRD dan Pemerintah Kabupaten,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Didik mengatakan jika posisinya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Malang bisa berperan sebagai stressor pada DPRD Kabupaten Malang.

“Sebagai Ketua DPC saya memberikan stressing bagaimana DPRD bisa mengawal seluruh kegiatan kedewanan dan tugas-tugas DPRD sebaik-baiknya,” bebernya.

“Kemudian sebagai Bupati dan Wakil Bupati Malang saya berharap ada sinergitas antara anggota DPRD Kabupaten Malang agar visi misi yang sudah kita terjemahkan dalam bentuk RKPD itu bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan tepat waktu,” imbuhnya.

Meskipun demikian, Didik juga berharap ada balancing antara lembaga legislatif dan eksekutif di Kabupaten Malang.

“Kemudian ada balancing, artinya meskipun kita ada dalam satu rumah tapi kontrol sosial itu tetap ada dalam tugas fungsi pengawasan,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *