Khofifah Ingin Penanganan Korban Gempa Malang Cepat Dilakukan

  • Whatsapp
Khofifah Indar Parawansa saat meninjau MAN 2 Turen Malang. Foto: M Sholeh

Tugumalang.id – Kecepatan penanganan korban terdampak gempa bumi yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021), menjadi prioritas yang disoroti Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Hal itu diungkapkan orang nomor satu di Pemprov Jatim itu saat meninjau korban gempa di Kabupaten Malang.

Usai melakukan tinjauan, Khofifah mengungkapkan rasa prihatinnya atas musibah yang terjadi. Untuk itu, dia menginginkan Pemkab Malang dapat melakukan percepatan dalam penanganan korban bencana. “Ini harus ada proses penanganan pasca gempa yang cepat dilakukan Pemkab Malang. Seperti dapur umum hingga posko harus tersedia. Ini juga merupakan titik sangat memprihatinkan,” tutur Khofifah, pada Minggu (11/4/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, kecepatan penanganan korban gempa harus menjadi prioritas penting pasca terjadinya bencana gempa bumi. Selain itu, kecepatan juga harus menjadi format tanggap bencana dalam proses penanganan korban terdampak.

“Pemenuhan kebutuhan secara simbolik kita serahkan di Ampelganding dan nanti akan diberikan ke seluruh korban terdampak,” ucapnya.

Dia menambahkan, BMKG telah memberikan peringatan terkait adanya potensi gempa susulan dan hujan lebat di wilayah Malang, Lumajang, hingga Blitar. Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat tetap waspada.

“Khawatirnya akan ada gempa susulan dan hujan lebat yang bisa berpotensi longsor hingga banjir bandang. Oleh karena itu, progres pendataan pada kemiringan dan ketinggian lahan tertentu untuk bisa segera dilakukan evakuasi,” jelasnya.

Reporter: M Sholeh

Editor: Lizya Kristanti

Baca Juga  Beri Rasa Aman, Khofifah Kunjungi Perayaan Jumat Agung di Gereja Katedral Ijen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *