Kembangkan Potensi Diri Kamu Dengan 4 Cara Jitu Ini

  • Whatsapp
Self improve

Tugumalang.id – Potensi dan Karir merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling berhubungan. Pengembangan potensi erat kaitannya dengan persiapan karir seseorang dimasa depan. Dengan mengetahui potensi dalam diri, seseorang akan mudah untuk menentukan hal yang tepat untuk dapat mendukung pengembangan karir mereka. Namun, tak jarang bagi sebagian orang, potensi tidak begitu berpengaruh bagi pengembangan karir dimasa depan. Hal ini disebabkan karena kebanyakan dari mereka masih merasa kebingungan untuk dapat mengasah potensi mereka, dikarenakan belum menemukan cara yang tepat untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menggali potensi yang dimiliki seseorang, Tugu Media telah merangkum beberapa tips jitu yang dapat memaksimalkan potensimu meraih karir gemilang!
Yuk, simak apa saja!

1. Menjadi Peserta Dalam Diskusi Online
Diskusi online atau seminar online merupakan hal termudah yang bisa kamu lakukan. Saat ini kegiatan serupa telah banyak diselenggarakan, dengan jenis yang bermacam-macam, selain itu sudah banyak platform yang membagikan informasi tentang seminar online. Kamu bisa dengan mudah mendapatkannya melalui media sosial, website penyelenggara seminar bahkan aplikasi pengembangan diri. Banyak informasi yang bisa kamu dapatkan terkait diskusi online. Tentunya sesuai dengan bidang yang kamu gemari dan kebutuhanmu. Tetapi, pastikan seminar online yang kamu ikuti sesuai dengan kapasitas yang kamu miliki ya, terkadang materi yang disampaikan terkesan sulit dimengerti, sehingga informasi yang disampaikan kurang terserap dengan maksimal.

2. Ikut Kegiatan Volunteering
Jika kamu sudah mulai terbiasa dengan mengikuti diskusi online, sudah saatnya untuk naik level dengan ikut kegiatan Volunteer. Dengan ikut kegiatan Volunteer, kamu akan mendapat banyak pengalaman yang dapat mengasah potensi sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir. Kamu akan mendapatkan experience lebih disini. Dengan menjadi volunteer sebuah acara, kamu juga akan ikut serta dalam menyukseskan acara yang kamu buat. Mulai dari proses perancangan acara, berlangsungnya acara tersebut, hingga berakhirnya acara. Oleh karena itu, dalam dibutuhkan proses seleksi yang panjang untuk bisa mendapatkan kandidat yang diinginkan. Pastinya akan ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengikuti kegiatan Volunteering.

Baca Juga  Pangdivif 2/Vira Cakti Yudha Kostrad Apresiasi Konsistensi Dr Aqua Dwipayana Laksanakan Silaturahim

3. Mengikuti Program Coaching
Kamu pasti pernah mengikuti kursus mata pelajaran bukan? Secara umum coaching atau mentoring sama seperti kursus atau kegiatan belajar- mengajar pada umumnya. Namun, yang membedakan adalah coaching atau mentoring dilakukan oleh dua orang antara mentee dengan mentor yang ahli dalam bidangnya, sehingga terkesan lebih eksklusif. Selain itu, tidak semua orang bisa mendapat coaching, dibutuhkan poses seleksi yang untuk bisa mendapatkan coaching karena, sehingga terdapat kriteria dan ketentuan bagi pendaftar. Jika jumlah peserta coaching telah memenuhi kuota, biasanya program coaching dilakukan selama 2 minggu hingga 1 bulan. Bagi peserta yang terpilih mengikuti akan mendapatkan benefit seperti sertifikat yang pastinya akan menunjang karir kamu.

4. Ikut Serta Dalam Ajang Kompetisi
Wah kamu sudah naik level! Bagi kamu yang menyukai tantangan dan ingin mencoba hal yang baru, ikut serta dalam ajang kompetisi akan cocok buat kamu. Siapa bilang lomba bukan hal yanng penting buat anak kuliah? Bagi kamu yang memiliki pengalaman lomba prestasimu patut diperhitungkan perusahaan. Mengikuti kegiatan perlombaan merupakan salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk menggali lebih dalam potensimu. Dalam ajang perlombaan tentu saja kamu perlu persiapan yang matang untuk bisa bersaing dengan peserta lain dan menjadi juara. Kamu bisa memilih perlombaan yang sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Biar makin seru, kamu juga bisa mengajak temanmu untuk ikut serta dalam ajang perlombaan.

Nah, iItu dia 4 tips jitu untuk meningkatkan skill potensimu supaya karir masa depanmu makin gemilang! Siap untuk memulainya?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *