MALANG – Tugu Malang ID, media berpengaruh di Kota Malang dan Jawa Timur genap menginjak usia 2 tahun pada 9 Februari 2021. Media yang juga partner resmi kumparan.com ini, terus menerima karangan bunga ucapan selamat ultah dari berbagai pihak.
Hingga hari ini, ada 25 karangan bunga berjejer di depan kantor baru di Perumahan Dirgantara 1A/12B, Lesanpuro, Kedungkandang, Kota Malang. Sebelum itu, kantor tugumalang.id masih berupa garasi kecil Sewa dari sebuah lembaga.
Ucapan selamat dan bangga atas HUT media online ini datang dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Sebut saja, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, hingga Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari.

Ucapan selamat juga datang dari pemangku jabatan Malang Raya mulai Wali Kota Malang Sutiaji, Bupati Malang Sanusi, Sekda Kabupaten Malang Dr Wahyu Hidayat dan masih banyak lagi.
Ucapan selamat juga mengalir dari Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang, Ir. Ade Herawanto MT. Pentolan band legendaris d’Kroos ini turut berbangga atas capaian Tugu Malang ID selama 2 tahun pertamanya ini.
Sebagai embrio media siber harapan di Malang Raya, Ade berharap Tugu Malang ID bisa menjaga konsistensinya sebagai media yang turut menjadi pilar pembangunan di wilayah Malang Raya. Tentu saja, perjuangan media siber juga masih panjang.
”Saya berbangga bisa turut memberi semangat. Tugu Malang ID kedepan harus bisa tampil beda dan leading di puncak prestasinya di Malang Raya. Jalan masih panjang, saya ingin terus berikan semangat,” ungkapnya, Senin (8/2/2021).
Pria yang juga salah satu pentolan Aremania ini menambahkan, bahwa perjalanan media siber untuk menunjukkan kredibilitasnya masih panjang. Kompetisi antar media siber hari ini juga mulai ketat karena trennya nanti semua lini termasuk media massa juga akan beralih ke media online.
Dengan begitu iklim kompetisinya jauh lebih ketat nantinya. Maka dari itu, apa yang menjadi PR media siber saat ini utamanya adalah kredibilitas. Tentu saja, pembaca juga akan memilih media dengan kredibilitas yang tinggi.
”Nah, kalau sekarang, media online masih banyak yang meremehkan. Itu PR-nya, harus memperkuat kredibilitas. Harus memperkenalkan terus menerus dan harus ada pembuktian. Saya melihat itu di Tugu Malang ID,” katanya.
Bagaimana caranya? Kuncinya adalah dari produk jurnalistiknya. Dari situ saja kata Ade pembaca akan tahu mana media berkualitas atau tidak. Selain itu, harus menunjuang semua aspek, mulai dari verifikasi dewan pers, mengantongi UKW dan lain-lain.
”Dan feedbacknya nanti juga untuk kesejahteraan wartawan yang juga berefek domino pada produk karya jurnalistiknya,” pungkasnya.
Sementara, CEO Tugu Media Group Irham Thoriq berharap, di tahun kedua ini, Tugu Malang ID dan juga Tugu Jatim ID yang juga perusahaan media di bawah naungan Tugu Media Group, bisa semakin berkembang. Hal ini sesuai tema “2gether We Grow (Together We Grow)’‘.
”Sesuai tagline kami, kita akan bersama terus-menerus Merawat Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu),” terang dia.
Alumnus Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran ini mengenang bagaimana perkembangan tugumalang.id dari media online kecil yang berkantor di garasi, sampai bisa memiliki kantor yang lebih luas dan representatif.
“Dulu waktu awal berdirinya pada 2019, kami masih berupa embrio yang terus berkembang dari kantor kecil di Blimbing. Alhamdulillah, pada 2021 ini kami bisa memiliki kantor yang lebih luas di Perumahan Dirgantara 1A/12B, Desa Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang,” kenangnya.
Karena itu, dia mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang selama ini percaya dan senantiasa bekerja sama dengan tugumalang.id, sehingga media online partner resmi Kumparan ini bisa bertumbuh sampai sejauh ini.
“Saya berterima kasih kepada instansi pemerintah dan swasta, perusahaan, lembaga, organisasi, sampai komunitas yang sudah bekerja sama dan bertumbuh dengan kami,” ucapnya.
Alumnus Fakultas Psikologi UIN Malang ini juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pembaca yang senantiasa membaca berita-berita dari tugumalang.id.
“Tentu saja saya juga mengucapkan terima kasih kepada para pembaca yang sudah percaya kepada kami dan mendukung kami untuk menjadi media independen serta ikut Merawat Malang Raya,” ujarnya.
Sebatas informasi, dalam rangka hari jadi ini, Tugu Malang ID akan merayakannya dengan berbagai macam kegiatan. Di antaranya, launching logo baru, webinar nasional, hingga bagi-bagi hadiah bagi pembaca setia dengan tajuk ‘Giveaway 1.001 hadiah’.
Dengan hadiah tiket pulang pergi (PP) Malang-Jakarta pesawat Garuda Indonesia, voucher hotel, makan di restoran berbintang, wisata gratis, dan lain sebagainya.