Hujan Deras Selama 1,5 Jam, Ada 10 Titik Pohon Tumbang

  • Whatsapp
Pohon tumbang. Foto: Ulul Azmy
MALANG – Waspada. Ancaman pohon tumbang di Malang masih menghantui. Baru-baru ini, pohon jenis kenari setinggi 12 meter di Jalan Thamrin Gang 3 atau dekat Kantor Sekretariat PDI-P Ranting Klojen Kota Malang tumbang dan menimpa sebuah rumah. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.
Informasi dihimpun dari penjaga kafe dekat lokasi, Aksani (24), menuturkan bahwa tumbangnya pohon itu terjadi sekitar pukul 14.25 WIB, pada Minggu (14/3/2021).
Saat kejadian, intensitas hujan yang terjadi cukup tinggi disertai angin kencang selama sekitar 1,5 jam.
Pohon yang diperkirakan warga berumur tua dengan diameter sekitar 1,5 meter itu menimpa atap rumah warga di dekat gang. Tampak, pohon yang jatuh tertahan oleh kabel listrik yang melintang di atas rumah.
”Tadi dengar suara gemuruh cukup kencang pas hujan deras. Ternyata pohon di gapura depan gang yang tumbang,” katanya.
Di lain tempat dan waktu bersamaan, kejadian pohon tumbang juga terjadi di sejumlah titik. Pantauan reporter, pohon setinggi 6 meter di Jalan Karya Timur, dekat rel persimpangan Ciliwung juga tumbang.
Bahkan, pohon tumbang yang dekat Mall Olympic Garden (MOG) Jalan Bareng Tenes, menimpa 3 unit sepeda motor di parkiran. Total, ada 2 unit motor rusak parah. ”Untung aja tadi pas hujan deras sepi gak ada orang di bawah sini,” ujar salah seorang warga.
Usai kejadian, petugas BPBD dan DLH Kota Malang langsung berpencar meluncur ke sejumlah titik pohon tumbang.
Kepala BPBD Kota Malang, Ali Mulyanto, mengungkapkan bahwa dari data sementara, ada 10 titik pohon tumbang yang dilaporkan. Sebut saja di Jalan Sunanda Priyo Sudarmo, Jalan Karya Timur, Jalan Tenaga, Jalan Raya Sulfat, Jalan Tamrin, Jalan Sindoro, Jalan Tenes, Jalan Cengger Ayam Dalam, hingga dekat Alun-Alun Kota Malang.
Paling parah terjadi di Jalan Tenes karena menimpa motor dan di Jalan Thamrin Gang 3 menimpa sebuah rumah.
”Petugas kita pencar ke 10 titik juga dibantu bersama relawan lain untuk proses evakuasi,” katanya.
Ali mengimbau, agar warga tetap meningkatkan kewaspadaan di cuaca ekstrem. Juga untuk lebih berhati-hati jika melewati kawasan hijau dengan pohon rindang saat hujan dan angin kencang.
Reporter: Ulul Azmy
Editor: Lizya Kristanti
Baca Juga  Pohon Mahoni Setinggi 15 Meter Dekat Balai Kota Malang Tumbang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *