Dampak Gempa, Lantai Rumah Warga Kedungkandang Ambles

  • Whatsapp
Pemilik rumah, Nur Sulianto menunjukkan lantai ruang tamu yang ambles akibat gempa bumi di Malang. Foto: Ulul Azmy
Tugumalang.id – Lantai ruang tamu rumah warga di Kota Malang ambles akibat dampak gempa bumi yang berpusat di Samudera Hindia, sebelah barat daya Kabupaten Malang. Informasi dihimpun, amblesnya lantai rumah ini terjadi pada Senin (12/4/2021) sekira pukul 18.00 WIB.
Rumah tersebut adalah milik Nur Sulianto, di Jalan KH Hasyim Gang 5, Kedungkandang, Kota Malang. Dia mengatakan, tanda-tanda tanah ambles ini sudah diketahui sejak guncangan gempa dengan kekuatan 6,1 magnitudo pada Sabtu (10/4/2021).
Kata Sulianto, gempa pertama itu membuat lantai rumah yang masih berupa plesteran semen itu retak-retak. Keretakan juga ada pada dinding rumah.
Lantai rumah Nur Sulianto ambles. Foto: Ulul Azmy
Lalu, pada Minggu (11/4/2021), kembali terjadi gempa susulan berkekuatan 5,5 magnitudo. ”Gempa kedua itu baru keliatan tanah di lantai ruang tamu saya ini agak gembur. Sudah miring. Baru pas Senin (12/4/2021) kemarin itu njebluk (ambles) sekitar maghrib,” kisahnya, pada Selasa (13/4/2021).
Usai kejadian ini, petugas BPBD Kota Malang turun langsung ke lokasi kejadian. Titik amblesnya tanah ini tepat berada di atas septic tank dengan total kedalaman sekitar 8 meter. Dimensi tanah yang ambles ada sekitar 4×2,5 meter.
”Rupanya pondasi cor septic tanknya gak kuat, kena gempa akhirnya kalah. Untung saja waktu itu di ruang tamu gak ada siapa, padahal biasanya kami kumpul disini. Yang jatuh hanya meja sama kursi saja,” imbuhnya.
Terpisah, Penelaah Bahan Kajian Bencana Alam Seksi Logistik Penanggulangan Bencana Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Malang, Cornellia Selvyana Ayoe, membenarkan kejadian ambles tanah akibat terdampak gempa ini.
Usai kejadian, pihaknya sudah langsung melakukan assestmen, evakuasi, hingga memberikan material berupa pasir, batu bata, semen, dan bahan pokok.
Selvy melanjutkan, ruang tamu untuk sementara tidak bisa digunakan dan harus dibangun kembali. ”Sudah kami pasangi garis polisi, karena retakan juga terjadi di sekitar lantai tersebut. Hingga saat ini, assesment kerusakan akibat gempa hari lalu yang ambles masih satu rumah ini saja,” pungkasnya.
Reporter: Ulul Azmy
Editor: Lizya Kristanti
Baca Juga  Selama 6 Bulan, Ratusan Tenaga Kesehatan Belum Terima Insentif

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *