Cara Melihat Gerhana Bulan Total Petang Nanti

  • Whatsapp
Ilustrasi gerhana bulan total. Foto: Pixabay

Tugumalang.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadinya gerhana bulan total (GBT) di wilayah Indonesia, pada Rabu (26/5/2021), petang nanti. GBT ini juga bisa dirasakan di wilayah Malang Raya.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Karangkates Malang, Ma’muri, membenarkan bahwa gerhana ini terjadi saat posisi matahari, bumi, dan bulan berada di garis yang lurus atau sejajar.

Di Malang raya, gerhana bulan total bisa disaksikan dengan mata telanjang saat pergantian waktu sore ke malam. ”Sekitar pukul 16.44 WIB hingga 20.51 WIB petang nanti sekira 4 jam. Tapi untuk wilayah Malang kota hanya bisa menikmatinya sebagian, jadi mulai bulan tertutup bayangan bumi sebagian itu kita bisa lihat,” katanya.

Sementara, puncak gerhana bulan total ini terjadi sekira 18 menit mulai pukul 18.09 WIB – 18.28 WIB. Ketika posisi bayangan bumi persis di atas menutupi seluruh bulan.

Sementara, jika ingin melihat GBT, disarankan untuk pergi ke Kota Batu. Karena disana adalah dataran tinggi dan tidak terhalang banyak bangunan tinggi dan pegunungan lain. Kalau di Kota Malang, perlu menuju gedung atau bangunan yang tinggi.

”Tapi yang terbaik itu di Kota Batu ya karena ke arah ufuk timur itu tidak terhalang apapun. Kalau di Kota Malangkan masih banyak gedung tinggi, belum lagi ada Gunung Semeru,” kata Pakar Astronomi di Malang, Chatief Kunjaya.

Chatief menambahkan, pengamat bisa melihat ke arah ufuk timur agak ke tenggara jika ingin melihat GBT. ”Sebabnya, karena bulan saat terjadinya gerhana akan nampak rendah dekat horizon, karena baru terbit,” jelasnya.

Reporter: Ulul Azmy

Editor: Lizya Kristanti

Baca Juga  Sosok Mayat Wanita Bekerja sebagai Pemandu Lagu Freelance

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *