Tugumalang.id – Tugu Media Group mendapatkan kesempatan untuk bersilaturahmi dengan sosok yang rendah hati dan penuh inspirasi. Tentu silaturahmi itu menjadi kesempatan berharga bagi tim Tugu Media Group untuk menimba ilmu membangun bisnis media dari Direktur Utama Suara.com, Suwarjono, di Jakarta, pada Kamis (4/8/2022).
Silaturahmi antara CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq; GM tugujatim.id, Bayu Eka; dan GM tugumalang.id, Fajrus Sidiq dengan Dirut sekaligus Pimred Suara.com, Suwarjono, berlangsung dengan gayeng. Pasalnya, Suwarjono memberikan penjelasan sederet strategi jitu yang terbilang ampuh dalam mengembangkan perusahan media online.
Mulai strategi membangun perusahaan dari awal, menjalankan, mengoptimalkan peluang, menciptakan lingkungan kerja yang sehat, mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) ahli, hingga mengelola keuangan perusahaan dia beberkan dengan detail. Tentu berkolaborasi dengan talenta muda juga menjadi salah satu poin penting baginya dalam membesarkan perusahaan.
Bahkan, dia juga membeberkan hal-hal yang dianggap kompetitor sebagai hal remeh temeh yang ternyata dapat dimanfaatkan menjadi peluang bak permata. Kemudian perkembangan grafik dan traffic pengguna atau pembaca konten perusahaan benar-benar dianalisa dengan baik, tepat, dan cepat.
“Awal membangun media online itu tidak mungkin dalam waktu singkat bisa langsung menghasilkan profit. Kita harus mencari traffic dulu, mencari pembaca dulu. Pengalaman saya, setelah enam bulan, kami baru ada pendapatan dan traffic pembaca,” ucapnya.
Tentu semua itu tak dia lalui dengan mudah. Konsistensi, ketenangan, ketekunan, kesabaran, hingga pengambilan keputusan akurat menjadi hal yang penting baginya dalam membangun perusahaan.
Tak heran jika kemudian Suara.com menjadi salah satu media nasional yang mendapat perhatian besar dari pembacanya. Konten-konten Suara.com yang berpotensi menarik pembaca terus diproduksi secara konsisten dan berkualitas.
Dia menyebut bahwa Suara.com saat ini mampu memproduksi atau mengunggah 1.600 konten berita dalam satu hari. Tak hanya konten berita atau produk jurnalistik, dia juga mengoptimalkan konten video di berbagai sosial media.
“Saya juga masih belajar. Untuk berkembang harus terus belajar, apalagi masih muda. Jangan bosan untuk belajar. Perusahaan ini berkembang bukan karena saya, tapi peran pemuda yang mau belajar” tandasnya.
Reporter: M Sholeh
Editor: Lizya Kristanti
—
Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugumalangid , Facebook Tugu Malang ID ,
Youtube Tugu Malang ID , dan Twitter @tugumalang_id