Tugumalang.id – Waktu berperan penting dalam kehidupan kita. Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan dengan waktu yang dimiliki. Sayangnya, waktu yang sangat terbatas setiap harinya dan ketika sudah terlewat, waktu tidak dapat kembali lagi.
Untuk itu penting bagi kita untuk menggunakan waktu seefektif mungkin agar dapat bermanfaat. Berikut tips memanajemen waktu agar kita dapat memanfaatkannya secara efektif.
1. Tentukan Prioritas
Agar tidak mudah teralihkan atau terdistraksi maka tentukan apa saja yang menjadi prioritas dan tentukan waktu untuk menyelesaikannya.
Baca Juga: Yuk Simak Tips Manajemen Waktu Ala Maudy Ayunda Agar Selalu Produktif
Identifikasi hal-hal penting dan mendesak untuk dikerjakan dan urutkan hal tersebut. Untuk hal yang mendesak dan tenggat waktunya dekat, lebih baik diselesaikan terlebih dahulu.
Dalam menentukan hal yang penting, gunakan aturan 80/20 di mana 20% usaha kita memberikan 80% hasil. Jadi ketika ada 10 hal yang harus dilakukan tentukan mana yang akan memberikan hasil lebih besar dibandingkan kegiatan lainnya.
Identifikasi kegiatan yang akan mengarahkan kita ke tujuan kita dan tentukan kegiatan tersebut menjadi hal yang penting untuk dilakukan.
2. Rencanakan Penggunaan Waktu
Berikan waktu khusus untuk membuat rencana agar waktu dapat digunakan dengan baik. Atur waktu agar sesuai dengan prioritas dan kebutuhan sehari-hari.
Jika dibutuhkan bisa menggunakan kalender, buku, warna, gambar dan lain sebagainya. Buatlah rencana waktu yang masuk akal dan memungkinkan untuk dikerjakan.
Baca Juga: 10 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur
3. Minimalisir Gangguan
Tentukan waktu di mana kita tidak akan terganggu kecuali untuk hal-hal genting. Di waktu tersebut singkirkan segala hal yang dapat mendistraksi kita.
Matikan handphone atau notifikasi, TV atau radio dan sebagainya yang dapat mengambil konsentrasi kita. Lalu fokus dan kerjakan tugas atau kegiatan yang harus dilakukan.
4. Fleksibel Akan Waktu
Apa yang kita rencanakan belum tentu dapat dilakukan semua. Berikan waktu untuk adanya kemungkinan interupsi atau emergency. Sehingga ketika terjadi hal yang tidak direncanakan kita tidak panik dan justru merusak waktu sepanjang hari kita.
Lakukan eksperimen dalam penggunaan waktu untuk menemukan apa yang dapat bekerja untuk diri kita, jangan takut untuk menyesuaikan ide atau waktu agar sesuai dengan kebutuhan dan situasi yang dihadapi.
Baca Juga: Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit di Tengah Padatnya Aktivitas Sehari-hari
5. Monitor Penggunaan Waktu
Catat penggunaan waktu selama satu atau dua minggu untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan dalam menggunakan waktu kita. Lihat berapa banyak waktu yang habis untuk kegiatan tidak penting, kapan kita paling terinterupsi, apakah interupsi tersebut terjadi di waktu atau hari-hari tertentu dan lain sebagainya.
Dengan begitu akan lebih mudah ke depannya untuk mengatur waktu dengan mengurangi kegiatan yang membuang waktu. Dengan memonitor waktu kita juga dapat memastikan bahwa apakah kita mengikuti rencana yang telah kita buat. Jika tidak, maka kita bisa memperbaiki rencana tersebut agar lebih realistik dan sesuai target.
6. Jangan Lupa Istirahat
Ketika fokus mengerjakan sesuatu, berikan waktu istirahat secara berkala. Misalkan setelah bekerja selama 45 menit kemudian lakukan istirahat selama 15 menit.
15 menit tersebut bisa digunakan untuk mengambil minum, makan, berjalan, menjawab panggilan di handphone dan lain sebagainya selama dapat mendistraksi kita dari apa yang kita kerjakan. Setelah waktu istirahat selesai maka kita dapat kembali mengerjakan tugas dengan performa yang lebih optimal.
7. Apresiasi Diri
Berikan diri kita apresiasi atau perlu hadiah ketika berhasil menyelesaikan suatu kerjaan atau tugas baik kecil maupun besar. Hal ini dapat memotivasi kita untuk terus berjalan sesuai dengan rencana untuk mencapai tujuan. Selain itu mengapresiasi diri juga dapat membantu untuk menyeimbangkan antara bekerja dan bermain.
Penulis: Angelinne Ivana Simandalahi (Magang)
Editor: Herlianto. A