Wina jadi Kota Paling Layak Huni di Dunia, Ini Alasannya?

  • Whatsapp
Caption: Jalanan di pusat Kota Wina (foto: theculturetrip.com)

WINA telah menjadi kota paling layak huni selama dua tahun beruturut-turut. Keputusan tersebut diambil berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Economist Intelligence Unit (EIU).

EUI meletakkan Wina di tempat pertama dalam peringkat kota paling layak huni di dunia setelah penelitian yang dilakukan pada 140 negara. Sebelumnya ibu kota Austria ini selalu didahului oleh Melbourne, namun akhirnya Wina berhasil mendepaknya dua kali dengan selisih poin nol koma tujuh berturut-turut.

Jadi, apa yang membuat Wina menjadi kota paling layak huni di dunia?

1. Harga Sewa Murah
Harga sewa di Wina cukup meningkat akhir-akhir ini. Namun, harga tersebut masih tergolong cukup murah dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Bahkan meski kota ini adalah ibu kota negara. Apartemen termurah pun memiliki bangunan yang cukup bagus, luas, tinggi, terang, dan lantai parket yang berpelitur. Kontrak untuk menyewa pun dibuat mudah dan menguntungkan para penyewa.

2. Transportasi Mudah dan Murah
Wina memiliki sistem kereta bawah tanah yang dinamakan U-Bahn (Untergrundbahn). Sistem ini pernah menjadi transportasi terbaik di seluruh dunia berdasarkan UITP (International Association of Public Transport). Kereta ini beroperasi setiap hari selama 24 jam bahkan selama akhir pekan atau hari libur. Kalian dapat membeli tiket tahunan hanya dengan seharga 1 euro per hari, harga tersebut termasuk murah dibanding negara Eropa lain. Ada juga jalur khusus pesepeda yang tersedia di seluruh kota bahkan di jalan yang kecil.

3. Lingkungan Bersih dan Tanpa Polusi
Wina memiliki reputasi yang sangat baik dalam masalah kebersihan kota dan kualitas udara. Di Wina terdapat banyak lingkungan hijau seperti danau, pantai, dan kebun anggur yang luas di seluruh kota. Untuk meminimalkan polusi udara, pemerintah bahkan memberi tiket gratis masuk museum atau konser agar warga menggunakan transportasi umum. Selain itu kualitas dan aksesibilitas untuk mendapatkan air minum sangatlah baik. Masalah kebisingan dan polusi cahaya di Wina juga termasuk rendah dibandingkan negara-negara lain di dunia.

Baca Juga  4 Negara yang Melarang Penggunaan Plastik

4. Kesehatan yang Terjamin
Austria memang salah satu negara yang memiliki pengeluaran terbesar untuk kesehatan. Namun karena itu, pelayanan kesehatan yang berkualitas dan para dokternya begitu tanggap baik di klinik kecil maupun di rumah sakit besar. Kecepatan para staf medis dalam melakukan pemeriksaan termasuk tinggi. Negara ini, termasuk Wina, juga termasuk salah satu negara paling sehat di dunia karena sistem kesehatandan lingkungannya yang bebas polusi.

5. Tingkat Kejahatan Rendah
Tingkat kejahatan yang rendah membantu kota ini menuju ke posisi pertama kota paling layak huni. Anda akan merasa aman meski berjalan sendiri saat pulang terlalu larut malam. Rasa aman tersebut tentu lebih besar saat siang hari.

Nah, itu dia alasan mengapa Wina selalu menjadi kota paling layak huni di dunia. Tertarik untuk tinggal di Wina?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *