Vaksin Sinovac Batch Pertama di Kota Malang Kedaluwarsa 20 Maret 2021

  • Whatsapp
Ilustrasi: Vaksin Sinovac.

MALANG – Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Muarif membenarkan bahwa masa kadaluarsa vaksin jenis Sinovac di Kota Malang ada yang sudah masuk masa kedaluwarsa per tanggal 20 Maret 2021. Ada juga yang kadaluwarsa per 31 Maret 2021.

Sebatas informasi, pengertian kedaluwarsa vaksin ini, artinya diukur dari batas masa simpan vaksin sejak didistribusikan pertama kali di Indonesia yakni selama 6 bulan, tergantung pada batch-nya.

Untuk di Indonesia, kata Husnul, masa kedaluwarsa untuk vaksin pada batch pertama jatuh pada tanggal 20 Maret dan juga 31 Maret 2021. Dalam hal ini, penentuan batas masa simpan vaksin sudah ditentukan dari BPOM.

”Kalau di Kota Malang masa expired vaksinnya di tanggal 31 Maret, juga ada yang tanggal 20 Maret. Batch lain juga ada yang sampai bulan Mei dan di bulan-bulan selanjutnya,” kata Husnul kepada awak media.

Dalam hal ini, dari pihak Kemenkes juga telah menginstruksikan masing-masing daerah untuk selalu mengecek masa kadaluarsa stok vaksin yang ada. ”Kalau memang sudah kadaluarsa ya tidak boleh diberikan,” tegas pria yang juga Jubir Satgas COVID-19 Kota Malang ini.

Lebih jauh, untuk vaksin batch pertama yang kedaluwarsa per 20 Maret 2021 stok vial sebanyak 40.600 vial telah habis dan sudah diberikan kepada sasaran penerima vaksin. Saat ini, vaksinasi di Kota Malang sudah memasuki tahap dua.

“Stok vaksin di kita per tanggal 23 Maret itu sudah habis. Lebih lanjut, kami sudah ajukan penambahan sesuai kebutuhan yang masih belum terpenuhi,” pungkas mantan Direktur RSUD Kota Malang itu.

Baca Juga  Bapenda Temukan 510 Area Pengawasan Retribusi Parkir Masih Abu-Abu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *