Tugu Media Group Sinau Bareng Tentang IT dan Digital Marketing pada Tamu Istimewa Ini

  • Whatsapp
Suasana sinau bareng IT dan Digital Marketing di markas Tugu Media Group, Kota Malang.(foto: Dany Kristian)

MALANG – Tugu Media Group yang membawahi tugumalang.id dan tugujatim.id mengadakan silaturahim, sekaligus berbagi ilmu dengan jajaran manajemen, marketing, IT dan redaksi sebagai bentuk kerendahan hati dan peningkatan kompetensi. Acara ini juga diikuti para redaktur di Jatim melalui virtual zoom, yang kebetulan tak sempat hadir di Kota Malang.

Donny Budi Utoyo (kiri) dan Catur (kanan). (foto:Dany Kristian).

Hadir pula tamu di markas Tugu Media Group, yang diundang secara khusus dan sebagai pembicara, yakni Donny Budi Utoyo selaku Eks ‘Vice President’ (VP) DetikCom, sekaligus Tenaga Ahli Menteri Komunikasi dan Informasi, serta Catur selaku ‘Information Communication Technology’ (ICT) Watch sekaligus Eks IT detik.com dan kumparan.com.

Bacaan Lainnya

Topik yang dibahas yakni konten berita online, konten media sosial dan pengelolaan website, hingga ‘tech for digital media’, ‘maintaining digital media product’ serta ‘business model’.

Dalam kesempatan berbagi ilmu tersebut, Donny menjelaskan terkait ‘extention’ yang biasa dipakai pada platform Google Chrome untuk memudahkan tim IT menganalisis statistik portal berita Tugu Media Group.

“Jadi, tim IT zaman sekarang, lebih mudah mengetahui ‘traffic website’ karena dibantu salah satu ‘extention’ pada Google Chrome yang bernama ‘Page Analytics Chrome Extention’,” terang Donny di Kantor Tugu Media Group, Sabtu (04/03/2021) siang.

Selain itu, Donny juga menjelaskan bahwa dalam ‘extention’ tersebut dapat mendeteksi bagian dari portal berita yang sering diklik pengunjung. Hal itu, jelas Donny, dapat dipakai sebagai pertimbangan meletakkan iklan atau sponsor.

Baca Juga  Wali Kota Malang Sepakat Jurnalis Jadi Penerima Vaksin COVID-19 Tahap 2

“Dalam ‘extention’ ini, kita juga bisa melihat ada warna biru, hijau, kuning dan merah. Warna merah yakni bagian yang sering diklik atau ada interaksi dengan pengunjung. Sedangkan yang warna hijau, interaksinya kurang banyak,” paparnya.

“Informasi wilayah-wilayah di website bagian mana yang sering ada interaksi dengan pengunjung, dapat dipakai untuk mempertimbangkan lokasi peletakan iklan atau sponsor. Hal ini yang perlu dipakai oleh teman-teman ‘marketing’,” imbuhnya.

Di sisi lain, Catur juga memperkuat penjelasan mengenai optimalisasi website Tugu Media Group meliputi tugumalang.id dan tugujatim.id. Catur menegaskan, perlu adanya penguatan berita-berita lokal di Malang, kemudian disebut dengan istilah ‘hyper local’.

Nurcholis MA Basyari Pimred tugujatim.id (kanan), dan Savero Karamiveta Dwipayana (Redaktur Pelaksana tugujatim.id).(foto:Dany Kristian)

“Jadi, misal ada isu-isu nasional, teman-teman bisa memakai perspektif daerah lokal masing-masing. Hal itu harus diperkuat, bagaimana sudut pandang dari kepala dinas, lembaga, atau instansi di daerah. Itu menarik,” tandas Catur.

Kemudian, diimbuhkan juga pemaparan soal kedekatan emosional antara wartawan dan masyarakat di daerah lokal masing-masing. Sehingga, jelas Catur, saat ingin teken kerjasama posisi kita sebagai media yang paling tahu soal daerah lokal tersebut.

“Kelebihan lain, tugumalang.id mempunyai potensi dekat dengan masyarakat Malang secara emosional. Karena hadir langsung secara dekat. Hal itu bisa dipakai untuk penawaran dalam kerjasama, ‘media mana lagi yang paling tahu mengenai Malang, kalau bukan tugumalang.id ?’ Kalau ingin iklan, jadi bisa langsung di tugumalang.id,” sebutnya.

Irham Thoriq, CEO Tugu Media Group (keempat dari kanan) dan GM tugujatim.id, Fajrus Sidiq (ketiga dari kanan).(foto: Dany Kristian)

Setelah kedua tamu undangan menjelaskan gayeng soal ‘Google Analytics’ dan ‘Marketing Digital’ untuk mengembangkan Tugu Media Group, Savero Karamiveta Dwipayana selaku Redaktur Pelaksana tugujatim.id menyampaikan peningkatan kompetensi merupakan hal penting, karena hal yang tidak bisa dicuri adalah ide dan pemikiran.

“Belajar banyak (mengenai ‘Google Analytic’ dan ‘Digital Marketing’, red) dari tamu hebat merupakan hal penting. Karena salah satu hal yang tidak bisa dicuri ialah pemikiran dan ide,” tutur Savero.

Baca Juga  Tugu Media Group Siap Salurkan Sembako kepada Para Korban Gempa Malang

Di sisi lain, Nurcholis MA Basyari selaku Pemimpin Redaksi tugujatim.id memberi kesimpulan penutup.

“Setelah menyimak pemaparan Pak Donny dan Pak Catur, luar biasa sekali. Intinya, di era sekarang, tidak ada lagi wartawan lokal atau nasional, semua wartawan sama. Karena basisnya sekarang ‘World Wide Web’ atau ‘www’. Jadi kita bisa jangkau secara dunia, secara internasional,” jelas Nurcholis.

“Saya mengucapkan terima kasih pada teman-teman semua, tetap semangat. Kita pasti akan sampai ke sana, sesuai target Tugu Media Group,” pungkasnya.

Agenda jumpa silaturahim dan berbagi ilmu tersebut ditutup dengan swafoto bersama Donny Budi Utoyo, Catur, Savero Karamiveta Dwipayana, Nurcholis MA Basyari dan jajaran manajemen, marketing, IT dan redaksi. (rangga aji)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *