Tugumalang.id – Timtim Natural, UMKM asal Kota Malang yang memproduksi teh herbal bisa menembus pasar internasional meski baru berdiri di tahun 2019. Salah satu strategi marketing yang digencarkan oleh UMKM ini adalah dengan mengoptimalkan promosi melalui email.
Strategi marketing digital menggunakan email ini memang digunakan untuk menggaet konsumen dari luar negeri. Tama mengatakan dirinya mengirim email ke perusahaan-perusahaan yang sekiranya memerlukan produk-produk dari Timtim Natural. “Mayoritas konsumen kami adalah pabrik,” kata Direktur Timtim Natural, Tama Hanitulana Bama.
Baca Juga: Fianoel, UMKM Kerajinan Decoupage Kota Malang yang Sempat Dipromosikan Raffi Ahmad
Beberapa produk yang diproduksi oleh Timtim Natural adalah teh herbal, rempah-rempah, dan buah-buahan yang dikeringkan. Varian teh herbal yang diproduksi Timtim di antaranya ada jahe sereh, jahe telang, jahe lemon, dan jahe kecombrang.
Tama mengatakan produk-produknya telah diekspor ke Singapura dan Jerman. “Belum tahap besar sampai kontainer. Masih hand carry ke Singapura dan Jerman,” ujar Tama.
Di samping itu, mereka juga kerap mengikuti pameran skala internasional. Timtim Natural pernah memamerkan produk mereka di Hong Kong, Dubai, dan Jerman. “Akhir Mei ini kami akan mengikuti expo di Korea Selatan, barangnya sudah sampai di sana,” kata Tama.
Selain melalui email, produk-produk Timtim Natural juga dipromosikan melalui website dan media sosial. Di dalam website tersebut, dijelaskan produk-produk apa saja yang diproduksi oleh Timtim Natural beserta keunggulannya.
Timtim Natural tidak memiliki outlet sendiri karena mereka fokus pada transaksi business to business (b2b) saja. Meski kebanyakan konsumennya adalah pabrik, Timtim Natural juga mendistribusikan produk ke toko-toko ritel untuk dijual langsung ke masyarakat.
Reporter: Aisyah Nawangsari Putri
Editor: Herlianto. A