Tugumalang.id – Podcast Brinspiransi yang dibawakan Raffi Ahmad pada Juni 2020 rupanya membuka banyak pintu bagi UMKM asal Kota Malang, Fianoel. Berkat podcast tersebut, produk-produk Fianoel lebih banyak dikenal masyarakat dan pengikut Fianoel di Instagram bertambah 3 ribu orang.
Brinspiransi merupakan podcast kolaborasi antara Bank BRI dengan Rans Entertainment. Acara yang diadakan di masa pandemi COVID-19 tersebut merupakan live streaming selama 30 jam non stop. Mereka mengundang beberapa narasumber, termasuk pemilik UMKM.
“Saya pernah diajak jadi narasumber di programnya Raffi Ahmad. Ada dua UMKM dari seluruh Indonesia. Salah satunya adalah saya,” ujar Lutfia Firmanintyas, pemilik Fianoel saat ditemui di outletnya yang berada di Kota Malang, belum lama ini.
Baca Juga: Pelaku UMKM Asah Teknik Promosi Lewat Platform Digital Bersama Averroes
Pada saat podcast, Raffi sempat mengunggah video dirinya bersama Fia di Instastory. Di dalam unggahan tersebut, Raffi menyebut akun Instagram Fianoel, @madebynoel. Tak disangka, pengikut akun @madebynoel bertambah 3 ribu orang. Penambahan pengikut ini tentunya berita baik bagi Fia karena ia sering mempromosikan produk-produknya di Instagram.
“Terus dia follow back,” imbuh Fia.
Fianoel adalah UMKM asal Kota Malang yang bergerak di bidang kerajinan, khususnya decoupage. Decoupage tersebut diaplikasikan di tas tangan atau dompet yang terbuat dari anyaman pandan atau plastik.
Baca Juga: 5 UMKM Unggul di Kota Malang
Usaha yang dirintis sejak 2008 ini banyak disukai karena memiliki motif khas Indonesia. Berbeda dengan produk decoupage lain yang motifnya monoton. Bahkan, Fianoel memiliki motif topeng malangan.
Usai mengikuti podcast tersebut, Fia sering mendapat undangan untuk menjadi narasumber di berbagai podcast dan event. Secara otomatis, ia bisa mengenalkan produk-produk Fianoel kepada masyarakat lebih luas.
“Rezeki itu nggak hanya uang, kesempatan seperti ini juga rezeki,” pungkasnya.
Reporter: Aisyah Nawangsari Putri
Editor: Herlianto. A