Sejarawan NU Indonesia Berpulang, Selamat Jalan KH Agus Sunyoto

  • Whatsapp
Almarhum KH. Agus Sunyoto.

MALANG – Sejarawan Indonesia yang juga tokoh Nahdlatul Ulama (NU), KH Agus Sunyoto wafat pada Selasa (27/4/2021). Diketahui, Ketua Lesbumi PBNU pencipta buku Atlas Wali Songo ini menghembuskan nafas terakhirnya di RS AL Surabaya sekitar pukul 07.15 WIB.

Informasi dihimpun, KH Agus Sunyoto memang sedang menjalani perawatan intensif atas penyakit ginjal dan diabetes yang sudah dia derita sejak lama. Agus Sunyoto mengembuskan nafas terakhir di usia ke 61 tahun.

KH Agus Sunyoto sendiri adalah tokoh NU populer di Indonesia. Dia adalah seorang penulis dan juga sejarawan. Tercatat, Agus Sunyoto juga adalah pengasuh Pondok Pesantren Global Tarbiyatul Arifin di Kabupaten Malang.

Sekretaris Lesbumi PBNU Kota Malang, Fathul Aqil menuturkan duka cita dan kehilangan sosok pribadi yang membumi. Menurut dia, KH Agus Sunyoto adalah sosok Gus Dur kedua. Beliau, kata dia, adalah sosok progresif di dunia NU.

”Beliau selalu semangat kalau sudah bicara soal perkembangan intelektual teman-teman. Kapanpun, diundang siapapun, dalam kondisi apapun pasti beliau menyempatkan diri datang,” tuturnya dihubungi reporter.

”Bahkan pernah suatu hari, KH Agus Sunyoto datang dari Surabaya dengan menggunakan motor saja. Nah kalau sudah begitu, biasanya dia selalu diskusi kuat berjam-jam, pernah sampai 2-3 hari disini. Itu yang sangat kami rindukan dari beliau,” imbuh dia.

Lebih lanjut, jenazah Kiai Agus Sunyoto, yang juga mantan wartawan Jawa Pos (1986-1989) ini akan dimakamkan di Kediri pada hari ini juga, Selasa (27/4/2021). “Selamat Jalan guru. Selamat Jalan sejarawan Nusantara,” ucap banyak tokoh NU di media sosial.

Baca Juga  Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Datang dari Jogja Hadiri Ultah Tugumalang.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *