MALANG, Tugumalang.id – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa hampir 10 juta penduduk Indonesia berusia 15-24 tahun atau biasa disebut generasi Z menganggur. Berikut ide bisnis yang mungkin bisa membuka mata bahwa Gen Z punya jalan karir dan peluang bisnis mereka sendiri.
Fenomena maraknya pengangguran di kalangan Gen Z menjadi ancaman serius bonus demografi menuju Indonesia Emas 2045. Bila dirinci lebih lanjut, anak muda yang paling banyak masuk dalam kategori pengangguran ini justru ada di daerah perkotaan yakni sebanyak 5,2 orang.
Generasi Z, yang terdiri dari individu yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012, adalah kalangan yang seharusnya penuh dengan semangat wirausaha dan kreativitas. Mereka tumbuh dalam era teknologi digital dan memiliki pemahaman mendalam tentang tren serta kebutuhan saat ini.
Bagi kamu yang sedang mencari peluang atau ide bisnis, berikut beberapa rekomendasi ide bisnis di bidang digital dan kreatif yang cocok untuk Gen Z.
Baca Juga: 3.500 Bunga Song of India Budidaya Petani Gen Z di Kota Batu Diekspor ke China
Graphic Designer
Semakin berkembangnya teknologi, kini Gen Z banyak yang menggandrungi dunia desain grafis. Perusahaan manapun memiliki permintaan yang tinggi terhadap kandidat di posisi ini.
Namun, jika kamu tertarik memulai bisnis sendiri, kamu juga bisa memilih karir sebagai freelancer yang jauh lebih fleksibel dan kemungkinan memiliki penghasilan yang lebih tinggi.
Perlu diperhatikan beberapa skill yang dibutuhkan yaitu Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDraw, atau aplikasi desain lainnya.
Copywriter
Selanjutnya ide bisnis yang cocok untuk Gen Z adalah menjadi copywriter. Seorang copywriter bertanggung jawab merangkai terhadap pembuatan konten dalam bentuk tulisan yang bertujuan untuk menginformasikan, mengedukasi, hingga membujuk pembaca melakukan sesuatu seperti membeli produk yang ditawarkan.
Baik bisnis yang bergerak di industri kreatif maupun tidak, perusahaan menyadari bahwa kehadiran posisi ini terbilang cukup esensial untuk keberlangsungan promosi perusahaan.
Beberapa skill yang dibutuhkan seorang copywriter yaitu storytelling, kreativitas, proofreading, SEO, hingga kemampuan riset dan analisis.
Content Creator
Pekerjaan sebagai content creator saat ini cukup menjanjikan, mengingat banyaknya bisnis yang membutuhkan pemasaran di media sosial. Content creator adalah pekerjaan yang memiliki jobdesk untuk membuat konten seperti video, foto, artikel, dan lainnya demi tujuan bisnis.
Pekerjaan ini dinilai cocok untuk Gen Z yang memiliki ide kreatif serta inovasi dalam mengolahnya. Kemampuan yang mendukung untuk menjadi seorang content creator adalah kreativitas, SEO maupun SEM, content marketing, public speaking, videography dan photography, serta social media management.
Baca Juga: Petani Gen Z Kembangkan Kebun Melon di Lawang Menggunakan Teknologi dan Media Sosial
Jasa Titip (Jastip)
Bisnis jasa titip atau biasa disebut jastip kini semakin populer. Untuk kamu yang hobi travelling dan shopping maka sangat cocok untuk menjalankan bisnis ini.
Mulai dari jastip barang-barang branded yang hanya bisa didapat di luar negeri, barang-barang lokal bagi orang yang terlalu sibuk untuk bepergian, hingga jastip tiket konser. Kepercayaan dan pelayanan yang cepat adalah kunci sukses dalam bisnis ini.
Coffee Shop
Coffee shop menjadi pilihan bisnis yang cocok untuk Gen Z yang menyukai dunia perkopian. Mengingat Gen Z hobi nongkrong di coffee shop, sehingga hal ini dapat dijadikan peluang untuk membuka usaha.
Pastikan sebelum membuka usaha coffee shop untuk melakukan riset terlebih dahulu mulai dari layout, interior, hingga supplier. Sehingga dapat menawarkan suasana baru bagi pengunjung dan menu berkualitas tinggi.
Toko Fashion Online
Toko fashion online adalah konsep bisnis yang cocok untuk Gen Z yang memiliki pengetahuan tentang tren mode. Berbagai barang yang biasa dijual yaitu pakaian, sepatu, aksesoris, jam tangan, dan lainnya.
Bermodalkan jaringan internet, kamu dapat menjalankan bisnis ini melalui e-commerce tanpa terhalang tempat. Dengan begitu modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar untuk pengeluaran sewa atau bahkan membeli toko.
Memilih sebuah bisnis yang akan dijalankan memang tidak mudah, perlu adanya rencana dan juga persiapan yang matang. Kunci kesuksesannya adalah pemahaman yang baik tentang target pasar serta terus berinovasi agar bisnis tetap relevan. Bagaimana, berani untuk memulainya?
Baca Juga Berita Tugumalang.id di Google News
Penulis: Evi Tsabita Aprillia (Magang)
editor: jatmiko