MALANG – Guna mempermudah akses pelayanan publik baik layanan perizinan maupun non perizinan, Pemerintah Kota Malang baru saja meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) ‘Merdeka’ yang berlokasi di Alun-Alun Mall Lantai 3, Jalan Merdeka Timur.
Wali Kota Malang Drs H Sutiaji menjelaskan, hadrinya MPP ini menjadi wujud komitmen Pemerintah Kota Malang dalam memberikan pelayanan publik yang optimal untuk masyarakat.
“Ini bentuk komitmen kami untuk transparansi, untuk komitmen kami bahwa semua masyarakat kita berhak mendapatkan layanan yang terbaik dari ASN Kota Malang,” ujarnya, Senin (3/1/2022).
Menurut Sutiaji, berdirinya MPP Merdeka sejalan dengan misi Pemerintah Kota Malang dalam memastikan kepuasan masyarakat atas layanan pemerintah yang tertib hukum, profesional dan akuntabel. Sekaligus menjadi upaya mendorong pemerintahan kelas dunia (World Class Government).
Terlebih, MPP Merdeka ini, juga untuk menyatukan layanan, baik secara fisik maupun sistem. Sebab, keterpaduan ini mendorong adanya penyederhanaan dalam proses pelayanan. Sehingga pelayan kepada masyarakat dapat terpenuhi dengan baik dan optimal.
“Saya sampaikan tidak perlu was-was, tidak usah khawatir. Bahwa Insyaa Allaah pelayanan perizinan di sini semakin kita mudahkan dan memang itu harus begitu,” papar Sutiaji.
Saat ini, MPP Merdeka memiliki 14 tenant dengan 180 layanan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah di Kota Malang dan instansi vertikal baik dari Kepolisian, BUMD, Perbankan, maupun swasta di Kota Malang. “Saat ini masih di bawah 200 layanan, ke depan saya minta 400 layanan perizinan dan non perizinan ada di sini,” urai dia.
Sedangkan beberapa pelayanan yang dapat dimenfaatkan oleh masyarakat, diantaranya pelayanan paspor, perpajakan, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Bank Jatim, perizinan, administrasi kependudukan, PDAM Tugu Tirta, BPR Tugu Artha, perpustakaan hingga adanya co-working space bagi komunitas industri kreatif.
Plt Kepala Disnaker PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah menjelaskan, nantinya masyarakat yang datang akan disambut oleh Customer Service (CS) dan diberi petunjuk tenant mana yang dapat dituju sesuai kebutuhan.
“Masyarakat yang akan datang akan diarahkan oleh CS mau ke layanan apa. Karena, tenant di sisi selatan seperti tidak terlihat. Kedepan, kami akan ada pengadaan mesin antrian, biar masyarakat nyaman, tidak bingung dan lebih mudah untuk mencari informasi pelayanan,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jatim Ramliyanto memberi apresiasi positif dengan hadirnya MPP, khususnya yang berlokasi di lantai 3 pusat perbelanjaan. Terlebih, juga difasilitasi dengan ruang laktasi hingga difabel. “Kami sangat memberikan apresiasi kepada Kota Malang yang telah melaunching MPP Merdeka Kota Malang di hari pertama kerja. Ada 3 Kabupaten/Kota yang berkomitmen melaunching MPP, dan tanpa lama, Kota Malang mewujudkannya,” tutupnya.
Reporter: Feni Yusnia
Editor: jatmiko