MALANG, Tugumalang.id – BPJS Kesehatan meluncurkan Anjungan Mandiri atau AMAN sebagai sarana pelayanan peserta. Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang, Roni Kurnia Hadi Permana menyebut, anjungan ini dipastikan bisa langsung dimanfaatkan oleh peserta.
Roni menjelaskan, peluncuran Anjungan Mandiri menjadi implementasi komitmen BPJS Kesehatan dalam melakukan perbaikan layanan kepada peserta.
“Anjungan ini ada di seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Jadi peserta yang datang ke Kantor Cabang dapat mengakses Anjungan Mandiri untuk mengetahui informasi terkait kepesertaan Program JKN, tidak harus menunggu antrean untuk dilayani Petugas Frontliner,” kata Roni.
Baca Juga: Puluhan Ribu Peserta Penerima BPJS Kesehatan di Kabupaten Malang Ternyata Sudah Meninggal Dunia
Saat ini, lanjutnya, terdapat lima fitur pengecekan yang tersedia di Anjungan Mandiri. Yaitu Status Kepesertaan, Tagihan Iuran, Virtual Account, Info JKN, dan Cari Lokasi.
Dengan begitu, peserta yang datang dapat memilih salah satu fitur tersebut sesuai keperluannya dan dapat mengulang untuk memilih fitur yang lainnya.
Contohnya, tambah Roni, ada masyarakat yang datang ke kantor cabang untuk mengetahui status kepesertaannya. Maka yang bersangkutan cukup menggunakan Anjungan Mandiri dengan memilih fitur Status Kepesertaan, kemudian memasukkan Nomor Induk Kependudukan dan tanggal lahir saja.
Baca Juga: Sempat Dapat Penghargaan UHC, Kabupaten Malang Nonaktifkan 679 Ribu Penerima BPJS Kesehatan
“Setelah itu, data kepesertaannya akan ditampilkan di layar monitor Anjungan Mandiri. Demikian juga untuk pengecekan tagihan iuran untuk mengetahui ada tunggakan atau tidak, dan berapa jumlahnya, tidak perlu mengantre layanan di frontliner tapi bisa langsung melihat sendiri datanya di Anjungan Mandiri,” beber Roni.
Anjungan Mandiri juga menyediakan fitur Info Lokasi. Fitur ini menyediakan informasi lokasi kantor BPJS Kesehatan dan informasi lokasi fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia.
Untuk mengetahui lokasi faskes, peserta dapat memilih jenis fasilitas kesehatannya misalnya dokter praktik perorangan, klinik atau pun rumah sakit dan lokasi tempat fasilitas kesehatan berada. Setelah terisi lengkap, layar monitor akan menampilkan informasi tentang fasilitas kesehatan yang dimaksud.
“Fitur aplikasinya mungkin masih dirasakan terbatas, tapi kami yakin ini bisa membantu peserta untuk mendapatkan pelayananan administrasi kepesertaan yang paling umum dengan cepat dan mudah,” tuturnya.
Apabila memerlukan pelayanan administrasi kepesertaaan lebih lanjut bisa melalui Aplikasi Mobile JKN maupun chat Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA).
“Jadi, waktunya bisa lebih efektif. Tidak menutup kemungkinan juga ke depannya fitur aplikasi di Anjungan Mandiri bisa ditambah,” sambung dia.
Ferry Sulistiawan (34), salah satu peserta mengakui bahwa Anjungan Mandiri dapat memangkas antrean yang ada di Kantor BPJS Kesehatan.
“Ini tadi saya datang ke Kantor BPJS Kesehatan untuk cek status kepesertaan JKN saya. Ternyata oleh satpam diarahkan ke Anjungan Mandiri, alhamdulillah sih sangat cepat dan tidak perlu antre. Tadi juga diberikan saran kalau ingin melakukan pengecekan status kepesertaan bisa dilakukan juga pada Aplikasi Mobile JKN,” pungkas Sulis.
Reporter: Feni Yusnia
Editor: Herlianto. A