Tugumalang.id – Psikologi warna merupakan salah satu cabang studi yang mempelajari pengaruh emosional dan persepsi manusia dalam menafsirkan sebuah warna. Dalam marketing, psikologi warna memiliki peran yang sangat penting.
Psikologi warna dalam marketing digunakan untuk memberikan kesan pengingat kepada konsumen terhadap merek, dengan psikologi warna diharapkan dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli merek Anda.
Dalam marketing, warna dapat mempengaruhi hubungan emosional konsumen untuk mengenal merek Anda baik secara langsung maupun tidak langsung. Dijelaskan dalam jurnal penelitian (Makna Warna Logo Toko Sun Kado Houseware Terhadap Psikologi Persepsi Konsumen) oleh John dkk bahwa sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa warna dapat meningkatkan pengenalan merek hingga 80%. Oleh karena itu psikologi warna memiliki peran yang sangat penting dalam marketing.
Psikologi warna memiliki pengaruh yang besar khususnya dalam menciptakan kesan visual identity, dengan warna tersebut diharapkan konsumen dapat menerima pesan yang ingin disampaikan oleh merek tersebut.
Untuk dapat mengaplikasikan psikologi warna dengan benar, Anda harus mengetahui peranan dari psikologi warna dalam marketing. Berdasarkan penjelasan jurnal penelitian (Makna Warna Logo Toko Sun Kado Houseware Terhadap Psikologi Persepsi Konsumen) oleh John dkk berikut merupakan peranan penting psikologi warna dalam dunia marketing.
Yuk simak penjelasannya berikut
1) Meningkatkan Pengenalan Merek
Sudah banyak penelitian menunjukkan bahwa warna dapat meningkatkan pengenalan merek hingga 80%. Misalnya ketika berbicara mengenai Facebook atau KFC, pasti Anda akan mengenali kedua merek tersebut dengan warna biru dan merah. Anda akan secara otomatis memilih kedua warna tersebut, karena Anda mengenal Facebook dengan warna identiknya biru dan Anda mengenal KFC dengan warna merah.
Dengan psikologi warna, akan mempermudah konsumen Anda dalam mengenali merek Anda. Oleh karena itu psikologi warna akan sangat membantu Anda dalam memperkenalkan merek kepada konsumen. Dalam menerapkan psikologi warna Anda tidak dapat menggunakan warna dengan sembarang, oleh karena itu harus memilih warna yang tepat dan sesuai dengan merek Anda.
2) Bentuk Visualisasi Produk
Psikologi warna dalam pemarasan memiliki peranan penting khususnya dalam visualisasi produk merek Anda. Dalam memvisualisasikan produk sesuai dengan psikologi warna, maka Anda harus memperhatikan kemasan produk, logo, maupun situs web produk. Anda harus memilih warna yang tepat dan sesuai serta selaras antara kemasan produk, logo, maupun situs web produk.
Anda harus memperhatikan warna dalam visualisasi produk dengan baik, karena hal ini berkaitan dengan identitas merek, konten pemasaran, dan media sosial. Dengan bentuk visualisasi yang selaras dengan psikologi warna, maka konsumen akan mengingat produk Anda dengan baik dan tertarik untuk membeli produk tersebut. Oleh karena itu, permainan warna dalam visualisasi produk harus selaras dan memperhatikan berbagai komponen pendukung lainnya.
3) Menunjukkan Citra Merek
Warna merupakan salah satu informasi non-verbal, dan sebagian orang akan lebih mudah menangkap informasi tersebut melalui warna dibandingkan dengan isyarat verbal. Penggunaan warna pada merek akan memberikan kesan tersendiri bagi konsumen. Penggunaan warna akan menciptakan citra merek yang kuat serta menggambarkan pesan yang ingin disampaikan oleh merek Anda.
Ketika warna pada merek Anda sudah melekat dalam benak konsumen, maka tidak akan sulit bagi merek Anda untuk dikenal oleh konsumen. Jika merek Anda sudah sampai pada tahap ini, maka Anda tidak akan kesulitan dalam memasarkan produk dengan merek tersebut. Dengan warna yang melekat pada merek Anda, secara tidak langsung hal tersebut merupakan alat identitas dari merek Anda.
Demikianlah pembahasan mengenai peranan penting psikologi warna dalam dunia marketing. Semoga dengan pembahasan tersebut dapat membantu branding merek maupun produk Anda. Dengan pemilihan warna yang tepat dan sesuai akan mempermudah penyampaian pesan merek serta memperkuat citra merek Anda.
Penulis: Rafida Tri Pitaloka
editor: jatmiko