Pembelian Emas Meningkat saat Lebaran

  • Whatsapp
Emas di salah satu toko di Pasar Besar Kota Batu. Foto: M Sholeh

Tugumalang.id – Pembelian emas di Kota Batu mengalami peningkatan pada masa lebaran. Hal ini disambut baik oleh pegadang emas di Kota Batu.

Salah satu penjual emas di Pasar Besar Kota Batu, Yoga, menuturkan bahwa harga emas tidak mengalami peningkatan pada masa lebaran. Harga emas di semua tempat dipastikan hampir tak ada selisih harga yang berarti. “Harga emas sebenarnya tidak terlalu berpengaruh di masa lebaran. Hanya saja, memang masa lebaran banyak yang membeli emas,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, masyarakat banyak yang menjual emas di awal hingga pertengahan puasa ditokonya. Lantaran daya beli masyarakat saat itu sedang menurun.

Emas di salah satu toko di Pasar Besar Kota Batu. Foto: M Sholeh

“Masyarakat Batukan kebanyakan petani, sedangkan hasil pertanian akhir-akhir ini harganya kurang bagus, panennya juga terkendala. Karyawan hotel atau wisatakan juga jarang yang gajinya penuh. Kondisi seperti inikan semua orang susah dalam hal keuangan,” ujarnya.

Sementara menurutnya, emas akan banyak dibeli masyarakat pada 5 hari menjelang lebaran hingga sebulan setelah lebaran. Kemudian setelah itu, pembelian emas oleh masyarakat akan berangsur normal.

Dia juga memberikan tips membeli emas agar tidak salah pilih atau tertipu. Pembeli harus memastikan emas yang dibeli dilengkapi dengan surat pembelian.

“Kalau di toko emas memang semua ada suratnya. Jadi beli dimanapun kalau ada suratnya, ada perjanjian bisa dikembalikan dengan kejelasan selisih harga penjualan, sudah pasti itu aman,” paparnya.

“Jadi harus ada suratnya, kalau bisa sebelum membeli juga harus kritis. Misalnya kalau dijual lagi ruginya berapa, kadar emasnya berapa, itu insyaAllah aman. Jadi sudah jelas di awal, dan tidak membeli dengan terburu-buru,” imbuhnya.

Baca Juga  Kisah Pilu Korban Gempa Malang, Terima Tamu Berlebaran di Bawah Tenda Darurat

Reporter: M Sholeh

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *