Tugumalang.id – Sebelum go internasional, brand nasional bersusah payah membangun kepercayaan konsumen, berfokus meningkatkan kualitas dan membangun jejaring untuk menyebarluaskan produknya. Semua brand nasional yang telah mendunia pasti melalui proses yang tidak mudah.
Brand nasional sering kali diidentifikasi dengan karakteristik dan kultur lokal, mereka mengandalkan pasar domestik sebagai basis utama untuk penjualan produk atau layanan mereka.
Namun, dengan kemajuan teknologi dan globalisasi, beberapa brand nasional mampu memperluas pasar mereka dan meraih popularitas di tingkat internasional.
Baca Juga: ParagonCorp Buka Pendaftaran Wardah Inspiring Teacher 2023, Cek Infonya
Saat ini, di momen agustusan ini, nasionalisme tidak hanya dapat dimaknai dengan memasang bendera di depan rumah, menghias gang-gang, ikut perang di Palestina, atau yang lainnya. Nasionalisme juga dapat dilakukan dengan membeli dan memakai produk-produk dalam negeri.
Dalam hal ini, brand nasional dapat berperan sebagai agen promosi budaya dan identitas nasional suatu negara, serta membawa dampak positif bagi perekonomian dan citra negara tersebut di mata dunia. Berikut ini beberapa brand nasional Indonesia yang berhasil mendunia.
1. Wardah
Dilansir dari wardahbeauty.com, Wardah merupakan brand kosmetik halal asli Indonesia yang berdiri sejak 1995 di bawah PT Paragon Technology and Innovation (PT PTI). Didirikan oleh Nurhayati Subakat yang saat ini menjabat sebagai Komisaris PT PTI. Wardah selalu mengedepankan kualitas untuk mendukung perempuan tampil cantik sesuai karakternya.
Baca Juga: Wardah Gelar Ramadan Gathering Akbar Serentak di 22 Lokasi di Indonesia dan Malaysia
Sejak awal, PT Paragon berkomitmen untuk selalu memberi manfaat bagi sekitar. Komitmen tersebut diwujudkan melalui visi perusahaan yaitu: mengembangkan Paragonian, menciptakan kebaikan untuk pelanggan, perbaikan berkesinambungan, tumbuh bersama-sama, memelihara bumi, mendukung pendidikan dan kesehatan bangsa, serta mengembangkan bisnis.
Penelitian dari Unej, mengatakan bahwa keunggulan dari produk Wardah dibanding dengan produk kosmetik lainnya adalah adanya jaminan halal yang disahkan oleh MUI. Selain brand Wardah sebetulnya PT Paragon masih memiliki beberapa brand lainnya yang juga keren, di antaranya: Kahf, Putri, Make Over, Emina, Labore, Biodef, Crystallure, Beyondly, dst.
2. Astra
Dilansir dari astra.co.id, PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, telah dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk.
Hal itu dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII. Nilai kapitalisasi pasar Astra pada akhir tahun 2021 adalah sebesar Rp231 triliun.
Baca Juga: Desa Sejahtera Astra Wisata Negeri Hila Maluku, Pesonanya Mendunia
Sesuai anggaran dasar Perseroan, kegiatan usaha yang dapat dijalankan oleh Perusahaan mencakup perdagangan umum, perindustrian, pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan, jasa dan konsultasi.
Hingga tahun 2022, Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi, dan Properti.
Dengan bisnis yang beragam, Astra telah menyentuh berbagai aspek kehidupan bangsa melalui produk dan layanan yang dihasilkan. Dalam keseharian hidup, masyarakat Indonesia menggunakan sepeda motor dan mobil, jalan tol, printer, hingga layanan pembiayaan, perbankan dan asuransi milik Astra.
Pelaku bisnis bermitra dengan Astra memanfaatkan berbagai kendaraan komersial, alat berat, layanan logistik, sistem teknologi informasi dan jasa pertambangan dari Astra. Berbagai produk yang dihasilkan, antara lain minyak kelapa sawit, batu bara dan kendaraan bermotor, senantiasa diekspor sehingga Astra dapat berkontribusi dalam menyumbangkan devisa bagi negara.
Saat ini, kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesiat dikelola melalui 270 anak perusahaan, ventura bersama dan entitas asosiasi, dengan didukung oleh 198.203 karyawan.
Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memperhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik.
3. Gojek
Dilansir dari Wikepedia, Gojek merupakan perusahaan berbasis teknologi yang berasal dari Indonesia yang merupakan jasa angkutan melalui ojek. Gojek sendiri didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010 di Jakarta.
Perjalanan Gojek dimulai pada 2010 sebagai call-center ojek online di Indonesia. Saat ini, Gojek telah tersedia di 50 kota di Indonesia dengan jumlah karyawan mencapai 10.541 orang hingga kuartal III/2022.
Baca Juga: Ribuan Mitra Gojek Malang Ikuti Pelatihan Berkendara Aman
Dilansir dari Website gojek.com (2017) bahwa perusahaan penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi ini berhasil masuk dalam daftar 56 Perusahaan yang mengubah dunia rilisan Fortune atau disebut dengan daftar “Change the World.”
Gojek menempati peringkat ke-17, bersama sejumlah perusahaan-perusahaan kelas dunia lainnya seperti Apple (peringkat-3), Unilever (peringkat-21), Microsoft (peringkat-25), dan masih banyak lagi. Gojek menjadi satu-satunya perusahaan asal Asia Tenggara yang masuk dalam daftar tersebut.
Keunggulan gojek bagi penumpang: Tidak perlu sibuk mencari driver ojek (cukup dari aplikasi), Harga langsung ditetapkan dari aplikasi (jadi driver tidak bisa bermain curang), keamanan terjamin, bisa cancel orderan, jalan bisa sesuai petunjuk yang sudah diarahkan dan bisa menggunakan jalan alternatif.
Penulis: Rahayu SJ/Magang
Editor: Herlianto. A