Lewat Perwira, Emil Dardak Sebar Bibit Entrepreneur Muda di Jatim

  • Whatsapp
Wagub Jatim, Emil Dardak, saat roadshow Perwira (Pemuda Wirausaha) Kota Malang di East Java Super Corridor (EJSC) Bakorwil Malang, pada Jumat (9/4/2021). Foto: Ulul Azmy

Tugumalang.id – Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, berupaya mencetak generasi wirausahawan atau entrepreneur muda lewat program Perwira (Pemuda Wirausaha).

Dia berharap, Perwira bisa jadi kawah candradimuka dalam mengenal dunia usaha sejak muda. Dengan begitu, efek panjangnya bisa mengubah peta perekonomian di Jatim dengan para pemuda sebagai penggerak dalam memulihkan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19. Kini, Perwira sudah ada di 8 kabupaten/kota di Jatim, salah satunya di Kota Malang.

Menurut Emil, 60 persen dari total populasi penduduk Indonesia didominasi generasi milenial. Namun diantara itu, jumlah entrepreneur di Jatim masih di bawah rata-rata nasional sebesar 1,2 persen, sedangkan rata-rata nasional 3 persen.

Padahal, peta perekonomian sudah mulai berubah seiring dengan perkembangan pola pikir generasi, yang dulunya manual sekarang digital. ”Potensinya jelas besar dan memang sudah arahnya kesana, digerakkan oleh pemuda. Era kini memang sudah lebih challenging (menantang),” terangnya, usai Roadshow Perwira Kota Malang di East Java Super Corridor (EJSC) Bakorwil Malang, pada Jumat (9/4/2021).

Mempersiapkan hal itu, kata Emil, memang perlu banyak sistem pendukung, mulai infrastruktur hingga bantuan modal. Seperti halnya Perwira di EJSC ini, harapannya bisa juga sinkron dengan program Millenial Job Center. Jika berhasil, bisa jadi percontohan dan direplikasi di banyak tempat.

”Nanti segala apapun ide wirausaha pemuda akan didukung dan dikaitkan dengan Pemprov Jatim. Bisa diberi bantuan KUR hingga penyediaan tempat uji coba misalnya,” terang Emil.

Emil berharap, dengan begitu, langkah Perwira bisa sejalan dengan Pemprov Jatim yang juga ingin terus membangun ekosistem untuk mendukung generasi muda dalam menjawab realita dan masa depan.

”Harapannya, muncul talenta bibit-bibit baru, sosok a good person dalam dunia wirausaha di Jatim sehingga kesuksesan juga muncul dimana-mana,” harapnya.

Baca Juga  Diskumdag Kota Batu Optimistis Produk UMKM Meningkat dengan Pemasaran Online

Reporter: Ulul Azmy

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *