Dugaan Doxing pada Jurnalis Nusadaily.com Berakhir Damai

  • Whatsapp
Kesepakatan damai. Foto: dok Nusa Daily

Tugumalang.id – Dugaan serangan doxing oleh akun Instragram gerakan Aremania, Make Malang Great Again (MMGA), pada 2 jurnalis Nusadaily.com berujung damai. Kedua belah pihak sepakat damai setelah saling bertemu di kantor Nusadaily.com, pada Jumat (9/4/2021).

Petinggi Nusadaily.com, Hanan Jalil, bertatap muka langsung dengan para perwakilan dari MMGA yang berinisiatif mendatangi kantor Nusadaily. Hasil dari pertemuan itu, meski sempat lempar pendapat, kedua belah pihak sepakat berdamai dan mencabut laporan kasus itu di kepolisian.

Bacaan Lainnya

Bank BNI

Dalam risalah damai ini, dihadiri sejumlah saksi dari perwakilan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Malang Raya, Eka Susanti, dan ketua AJI Malang, Mohammad Zaenuddin, beserta mantan Ketua AJI Malang 2008-2012, Abdi Purnomo.

Kesepakatan damai. Foto: dok Nusa Daily

Seperti diketahui, awal mula selisih ini berawal dari unggahan akun @mmgachannel soal tangkapan berita berisi pelemparan flare lengkap beserta akun penulisnya, Amanda Egatya dan Lionita. Padahal, 10 menit sebelumnya, pihak redaksi sudah mengoreksi kesalahan itu.

Disitulah, mulai terjadi dugaan serangan doxing terhadap akun pribadi si jurnalis. Padahal, ada mekanisme hak jawab yang sangat terbuka. Namun, pihak @mmgachannel mengaku mengunggah postingan tersebut karena panik dituding sebagai pelaku peristiwa pelemparan di rumah dinas Wali Kota Malang, pada Senin (5/4/2021) lalu.

”Kami panik, kami tidak paham dengan doxing dan sebagainya. Kami mohon maaf jika ini merugikan Amanda Egatya. Mulai saat ini, kami memastikan keamanan dan keselamatan Mbak Manda,” ujar Perwakilan MGMA, Andi Sinyo. Dia datang didampingi Perwakilan MGMA lain yakni Ambon Vandy Wijaya, Rizky Abenk, dan lain-lain.

Baca Juga  Berisi 10 Penumpang, Petugas Minta Mobil di Jalur Alternatif Kota Batu-Blitar Putar Balik

Terkait berita, menurut para saksi juga sudah klir, bahwa langkah koreksi yang dilakukan jurnalis dan kantor media sudah tepat. Hingga kemudian, postingan dari akun @mmgachannel menjadi bola liar dan memunculkan dugaan serangan doxing.

”Bersamaan dengan ini, kami segera take down terkait postingan itu sekaligus klarifikasi dan koreksi terkait dugaan doxing, terutama yang menyangkut pribadi Amanda Egatya dan Lionita,” imbuh Andi Sinyo.

Sementara, CEO Nusadaily.com, Hanan Jalil, memberikan apresiasi atas langkah tabayyun ini. Usai berdamai, pihaknya akan mencabut laporan pengaduan atas dugaan serangan doxing di Polresta Malang Kota.

“Kami menghargai betul langkah yang ditempuh pihak @mmgachannel untuk ber-tabayyun. Saya mewakili jurnalis Amanda Egatya dan Lionita juga mengucapkan terima kasih kepada PWI Malang Raya dan AJI Malang yang mendukung penuh kami,” kata Hanan Jalil.

Lebih jauh, pertemuan tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan risalah perdamaian oleh para pihak dan para saksi. Surat itu dibuat rangkap dua. Satu untuk oleh pihak @mmgachannel dan satu lagi akan dikirim ke Polresta Malang Kota.

“Upaya MMGA yang datang ke kantor nusadaily.com untuk tabayyun ini saya harap bisa jadi contoh komunitas maupun kelompok massa lainnya. Jangan ada doxing di antara kita,” tambah COO Nusadaily.com, Bagus Ary Wicaksono.

Berikut Isi Risalah Perdamaiannya :
1. Pada Hari ini, Tanggal Sembilan Bulan Empat tahun Dua Ribu Dua Puluh Satu, telah terjadi pertemuan Pihak pengelola akun Instagram @mmgachannel dan media online Nusadaily.com, dimulai pukul 14.30 – 16.48 WIB.

2. @mmgachannel diwakili Vandy Wijaya, Andi Sinyo dan Rizky Abenk. Pihak Media online Nusadaily.com diwakili CEO Nusadaily.com A. Hanan Jalil, COO Nusadaily.com Bagus Ary Wicaksono, Amanda Egatya dan Lionita.

Baca Juga  7 Fakta Kasus Pembakaran Perawat Kecantikan di Kalipare

3. Menerangkan bahwa terkait pengaduan dugaan serangan Doxing yang dialami Amanda Egatya, Lionita dan Nusadaily.com, yang dimuat oleh akun Instagram @mmgachannel. Maka para pihak telah sepakat untuk saling memaafkan, berdamai, dan tidak melanjutkan ke ranah hukum.

Atas kesepakatan ini:
Pihak akun instagram @mmgachannel bersedia menghapus (take down) unggahan terkait doxing tersebut. Serta melakukan koreksi dan klarifikasi atas unggahan tersebut.

Reporter: Ulul Azmy

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *